LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

ISI PERJANJIAN HUDAIBIYAH (LENGKAP)

ISI PERJANJIAN HUDAIBIYAH - Jadi, apa isi perjanjian hudaibiyah? Perjanjian Hudaibiyyah (Arab:صلح الحديبية) ialah sesuatu perjanjian yang diadakan di wilayah Hudaibiyah Mekkah terhadap Maret, 628 M (Dzulqa'dah,. 6 H). Hudaibiyah berada 22 KM arah Barat dari Mekkah menuju Jeddah, kini terkandung Masjid Ar-Ridhwân. Nama lain Hudaibiyah ialah Asy-Syumaisi yang diambil dari nama Asy-Syumaisi yang menggali sumur di Hudaibiyah.




isi perjanjian hudaibiyah
ISI PERJANJIAN HUDAIBIYAH

Latar Belakang Perjanjian Hudaibiyah

Jadi, tahun 628 M, sekitar 1400 Muslim berangkat ke Mekkah buat melakukan ibadah haji. Mereka mempersiapkan hewan kurban buat dipersembahkan kepada kaum Quraisy. Quraisy, meskipun begitu, menyiagakan pasukannya buat menahan Muslim supaya tak masuk ke Mekkah. terhadap masa ini, bangsa Arab benar benar bersiaga pada kekuatan militer Islam yang sedang berkembang. Nabi Muhammad mencoba supaya tak berlangsung pertumpahan darah di Mekkah, pasal Mekkah ialah tempat suci. Akhirnya kaum Muslim menyetujui langkah Nabi Muhammad, jikalau jalur diplomasi lebih baik alih alih berperang. Kejadian ini diabadikan dalam Alquran sebagai berikut.

وَهُوَ الَّذِي كَفَّ أَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ عَنْهُمْ
بِبَطْنِ مَكَّةَ مِنْ بَعْدِ أَنْ أَظْفَرَكُمْ عَلَيْهِمْ
وَكَانَ اللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرًا

Artinya : "Dan Dia-lah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu serta (menahan) tangan kamu dari (membinasanakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangkan kamu atas mereka, dan ialah Allah Maha menatap apakah yang kamu kerjakan."


ISI PERJANJIAN HUDAIBIYAH

Jadi, setelah sekian lama pertikaian tejadi antara kaum muslimin dengan kafir quraisy serta mengakibatkan pecahnya peperangan dengan tak sedikit victim yang berjatuhan, tersebutkan akhirnya tejadilah suatu kesepakatan/perjanjian damai antara dua kelompok yang bertikai tersebut Perjanjian ini lebih diketahui dengan nama PERJANJIAN HUDAIBIYAH. Perjanjian ini berlangsung terhadap tahun 628 M disutu tempat yang bernama Hudaibiyah. Oleh pasal itu perjanian ini dikatakan juga PERJANJIAN HUDAIBIYAH Pada awal-awal isi perjanjian ini terlihat merugikan kaum muslimin. Perjanjian ini disetujui oleh Baginda Rasulullah SAW yang menuai kritik dari para sahabat. Namun sehabis memperoleh penjelasan dari Baginda Rasulullah SAW akhirnya para sahabat setuju serta mengenali bahwasanya isi perjanjian hudaibiyah ini amat menguntungkan bagi kaum muslimin Isi dari Perjanjian Hudaibiyah tersebut ialah :

1. Tak saling menusuk antara kaum muslimin dengan warga Mekah sepanjang sepuluh tahun.

2. Kaum muslimin menunda buat Umroh serta diperbolehkan memasuki kota Mekah terhadap tahun berikutnya dengan tak membawa senjata kecuali pedang dalam sarungnya dan senjata pengembara.

3. Siapa saja yang datang ke Madinah dari kota Mekah sesegera mungkin di kembalikan ke kota Mekah.

4. Siapa saja dari warga Madinah yang datang ke Mekah,. tersebutkan tak boleh dikembalikan ke Madinah.

5. Kesepakatan ini disetujui oleh kedua pisah pihak serta tak boleh adanya pengkhianatan atau pelanggaran.

Kesepakatan lain dari Perjanjian Hudaibiyah ini ialah siapa saja dari kabilah arab yang lain boleh masuk dalam perjanjian Quraisy atau Rasulullah SAW serta perjanjian ini cuma berlaku bagi laki-laki, sementara perempuan tak di ikut sertakan. Itulah isi perjanjian hudaibiyah. 

ISI PERJANJIAN HUDAIBIYAH LENGKAP


Inti atau Garis besar Isi Perjanjian Hudaibiyah berisi : "Dengan nama Tuhan. Ini perjanjian antara Muhammad (SAW) serta Suhail bin 'Amru,. perwakilan Quraisy. tak adanya peperangan dalam jangka masa sepuluh tahun. Siapapun yang ingin mengikuti Muhammad (SAW), diperbolehkan secara bebas. serta siapapun yang ingin mengikuti Quraisy, diperbolehkan secara bebas. Seorang pemuda, yang masih berayah atau berpenjaga, bila mengikuti Muhammad (SAW) dengan tidak izin, tersebutkan akan dikembalikan lagi ke ayahnya serta penjaganya. jika seorang mengikuti Quraisy, tersebutkan ia tak akan dikembalikan. Tahun ini Muhammad (SAW) akan kembali ke Madinah. tetapi tahun depan, mereka bisa masuk ke Mekkah, buat melaksanakan tawaf disana sepanjang tiga hari. sepanjang tiga hari itu, warga Quraisy akan mundur ke bukit-bukit. Mereka haruslah tak bersenjata saat memasuki Mekkah".


DAMPAK PERJANJIAN HUDAIBIYAH



Isi perjanjian Hudaibiyah tampak merugikan umat Islam. tetapi di sisi lain, perjanjian Hudaibiyah menunjukan kearifan Nabi Muhammad Saw dengan terbukanya peluang bagi Nabi Muhammad Saw serta umat Islam. Peluang tersebut antara lain:

1. Legitimasi Pemerintah Islam

Perjanjian Hudabiyah tersebut secara tak langsung menuturkan tingkat politik Nabi Muhammad Saw sebagai pemimpin Umat Islam serta pemimpin kota Madinah. dan merupakan juga menuturkan keberadaan pemerintahan Islam di Madinah.

2. Fokus Penyebaran Islam

Pada perjanjian Hudaibiyah mencantumkan gencatan senjata 10 tahun merupakan kesempatan emas buat menyebarkan Islam dengan tidak diganggu oleh urusan perang. Nabi Muhammad Saw serta para Sahabat dapat fokus menyebarkan Islam dengan tidak terganggu oleh urusan perang. Sebelum perjanjian, mereka disibukkan oleh peperangan dengan kafir Quraisy.

Antara tahun 6 H serta 8 H, Nabi Muhammad Saw mentransfer utusannya ke beragam kerajaan, antara lain kepada :

1. Heraclius (kaisar Byzantium)
2. Kisra (penguasa Persia),
3. Muqauqis (Penguasa Mesir),
4. Negus/Najasyi (penguasa Habasyah/ Abessinia),
5. Haris al-Ghassani (raja Hirah)
6. Gubernur Persia dari Yaman
7. Haris al-Himsari (penguasa Yaman) 

Di antara mereka yang masuk Islam ialah gubernur Persia di Yaman. tapi banyak dari mereka menolak secara halus, bahkan bersetara dengan mentransfer hadiah. layaknya Muqauqis mentransfer hadiah yang terdiri atas ribuan emas, dua puluh potong jubah, mahkota, serta juga orang budak Kristen Koptik, Mariah, serta Sirrin, yang dikawal oleh seorang kasim tua. Mariah setelah itu dinikahi oleh Nabi Saw serta Sirrin dinikahi oleh Hasan bin Sabit. Dari perkawinannya dengan Mariah mendapati seorang putra, Ibrahim, yang mati ketika masih kecil.

Penolak paling kasar ialah Haris al-Ghassani, raja Hirah, yang rnembunuh utusan Nabi Muhammad Saw. Nabi Muhammad Saw mentransfer pasukan sejumlah 3000. orang di bawah leader Zaid bin Haris buat menusuk raja al-Ghassani. Peperangan berlangsung di Mut’ah. Pasukan Islam memperoleh kesusahan pasal pasukan al-Ghassani memperoleh pertolongan dari pasukan kekaisaran Romawi. Akhirnya Khalid bin Walid mengambil alih komando serta memerintahkan pasukan buat menarik diri kembali ke Madinah.

Kemampuan Khalid bin Walid menarik mundur pasukan Islam dari kepungan pasukan al-Ghassani yang berjumlah ratusan ribu, bikin kagum masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Banyak kabilah Nejd masuk Islam, ribuan dari kabillah Sulaima, Asya’ Gutafan, serta Fazara juga masuk Islam pasal keberhasilan dakwah serta politik Islam (Baca juga : Hikmah Dibalik pengakibat Kekalahan Umat Islam dalam Perang Uhud ).

Kearifan Nabi Muhammad Saw. dalam perjanjian menarik simpatik para pembesar Quraisy. Para pembesar Quraisy serta anak keluarga terhormat Makkah banyak yang beriman, di antaranya Khalid bin Walid, Amr bin Ash, Abu Basyir (putra Suhail bin Amr), Walid bin Walid (adik Khalid bin Walid), Asm’ (Ibnu Khalid), Usman bin Thalhah bin Abdu Dzar, Aqil bin Abi Talib ( Saudara Ali bin Abi Thalib), serta Jubair bin Mut’im.


MANFAAT ADANYA PERJANJIAN HUDAIBIYAH

Ini adalah mengenai isi perjanjian hudaibiyah. Eh bukan, tapi mengenai manfaat perjanjian hudaibiyah, simak ya artikel ini.

Manfaat Perjanjian Hudaibiyah (Isi Perjanjian Hudaibiyah)

1. Bebas dalam menunaikan agama Islam
2. Tidak adanya teror dari Quraisy
3. Mengajak kerajaan-kerajaan luar layaknya Ethiopia-afrika buat masuk Islam



Hasil dari perjanjian hudaibiyah :

Perjanjian Hudaibiyah nyatanya dilanggar oleh Quraisy, tapi kaum Muslim dapat membalasnya dengan penaklukan Mekkah (Fathul Makkah) terhadap tahun 630 M.

Kaum Muslim berpasukan sekitar 10000 tentara. Di Mekkah, mereka cuma menemui sedikit rintangan. sehabis itu, mereka meruntuhkan segala simbol keberhalaan di depan Ka'bah.

Sekian artikel kami mengenai isi perjanjian hudaibiyah semoga bermanfaat dan lancar mengenai kamu yang mencari ilmu dari blog ini dan juga semoga berkah ya. Mungkin di kesempatan yang tak tersampaikan kamu mencari artikel tentang : apa isi perjanjian hudaibiyah, isi perjanjian hudaibiyah 1 dan 2, isi perjanjian hudaibiyah adalah, isi perjanjian hudaibiyah secara singkat, latar belakang dan isi perjanjian hudaibiyah, sebutkan apa saja isi perjanjian hudaibiyah

Source :
1. http://pendidikanbangsakita.blogspot.co.id/2013/01/perjanjian-hudaibiyah.html
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Perjanjian_Hudaibiyyah
3. http://www.muttaqin.id/2016/05/isi-isi-perjanjian-hudaibiyah.html

Yang kamu cari : sebutkan isi perjanjian hudaibiyah, isi perjanjian hudaibiyah dan piagam madinah, apa isi perjanjian hudaibiyah, isi perjanjian hudaibiyah lengkap, terangkan isi perjanjian hudaibiyah




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ISI PERJANJIAN HUDAIBIYAH (LENGKAP)

0 komentar: