LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

25+ Contoh Pantun Nasehat Beserta Makna Pantun Nasehat

Contoh Pantun Nasehat Terbaru - Siapa yang tau apa pantun nasehat itu? Admin disini akan membahas materi baru yaitu materi pantun nasehat yang ada dalam materi bahasa Indonesia. Admin sendiri akan mengupas habis mengenai pantun nasehat tersebut.

Naon kang? Disini mah pasti ada yang namanya pantun nasehat. Apa sih sebenernya pengertian pantun nasehat? Pantun Nasehat adalah sebuah pantun yang mana di dalamnya mengandung makna untuk memberikan nasehat kepada para pembacanya. Gimana kalian sudah tau kan apa itu pantun nasehat?

Nah kalo belum jelas mengenai pengertian pantun nasehat sekarang biar lebih paham dan mengerti, sebaiknya kalian melihat dulu deh contoh pantun nasehat yang ada di bawah ini dan semoga suka dan bermanfaat ya kawan :)

pengertian pantun nasehat dan contoh pantun nasehat



CONTOH PANTUN NASEHAT 

Nah, gimana nih? sudah siap kan kamu dengan materi yang akan admin sampaikan mengenai contoh pantun nasehat ? Sudah dong pastinya. Sekarang mari kita lihat dan baca, ataupun kalian bisa memahami lebih jauh mengenai pantun nasehat.

Walaupun banyak sekali materi yang akan admin sampaikan. Kalian harus belajar guys! Karena tugas bahasa Indonesia bukan cuma itu aja. Gini deh selengkapnya akan di bahas deh mengenai contoh pantun nasehat. 



CONTOH PANTUN NASEHAT


Ini dia contoh pertama guys, contoh pantun nasehat agama dan jenaka :


Ilmu insan setitik embunTiada umat sepandai NabiKala nyawa tinggal di ubunTurutlah ilmu insan nan mati


Pantun Nasehat adalah pantun terbaru. Jadi ini contoh pantun nasehat anak :


Ke hulu membuat pagarJangan terpotong batang durianCari guru tempat belajarSupaya jangan sesal kemudian


Wow! Ini dia nih contoh ketiga, contoh pantun nasehat anak sd kelas 4 :
 Banyak sayur dijual di pasarBanyak juga menjual ikanKalau kamu sudah laparCepat-cepatlah pergi makancontoh pantun nasehat anak sekolah


Ini dia nih contoh pantun nasehat belajar :

Di radang-radang memasapTertangguk badar dan gulamaDibilang-bilang meratapDiurai Si tambo lama


Ini dia nih  contoh pantun nasehat berbalas :


Kalau banyak bertanam pudingDimana busut di sana seminaiKalau bijak dalam berundingDi mana kusur di sana selesai


Ini dia nih  contoh pantun nasehat bersajak abab :

Kalau puting sudah bertangkaiRetak tangkai disampul balikKalau berunding sesama pandaiKelak berderai timbal balik


Ini dia nih  contoh pantun nasehat dalam kehidupan sehari-hari :

Jangan patahkan atap mengkuangAtap patah kumbang pun laluJangan patahkan cakap orangCakap patah orangnya malu



Ini dia nih  contoh pantun nasehat dan agama :

Tanjung China itu dimanaKau tanya makcik, di seberang sanaKalau kau ini orang beragamaRajinlah engkau terus berdoa



Ini dia nih contoh pantun nasehat dan ciri cirinya :

Hati-hati menyeberangJangan sampai titian patahHati-hati di rantau orangJangan sampai berbuat salah



Ini dia nih  contoh pantun nasehat dan maknanya : 

Kalau harimau sedang mengaumBunyinya sangat beriramaKalau ada ulangan umumMarilah kita belajar bersama 


Ini dia nih contoh pantun nasehat dan pantun jenaka :

Ada laksamanaDan tiga orang tuaJanganlah kau pacari diaKarna dia istri tetangga



Ini dia nih  contoh pantun nasehat dan remaja :

Buah berangan dan JawaKain terjemur di sampaianJangan diri dapat kecewaLihat contoh kiri dan kanan


Ini dia nih contoh pantun nasehat dan teka teki :

Disini gunung disana bukitDitengahnya memang ada hutanMasalah lama yang terungkitKenapa kamu yang kelicutan?


Ini dia nih  contoh pantun nasehat ibu :

Bilang pergi ke jakartaPulangnya lewat bekasiKalau ibu sudah berkataBaiknya pula kau turuti


Ini dia nih contoh pantun nasehat ilmu

Jangan menjauhJangan berlaluJangan merasa jenuhKetika sedang menuntut ilmu


Ini dia nih contoh pantun nasehat islam

Jangan suka membuka dadaDada terbuka lapuk bajunyaJangan suka mengada-adaMengada-ada buruk lakunya


Ini dia nih contoh pantun nasehat kebersihan :

Main layanganTersangkut di loyangBuang sampah sembaranganAkibatkan banjir bandang


Ini dia nih contoh pantun nasehat kesehatan

Manis jangan lekas ditelanPahit jangan lekas dimuntahkanMati semut karena manisanManis itu bahaya makanan


Ini dia nih contoh pantun nasehat orang tua

Mana yang laut dilautkanMana yang tasik ditasikkanMana yang patut dipatutkanMana yang baik dibaikkan


CONTOH PANTUN NASEHAT


Ini dia nih contoh pantun nasehat tentang hutang :

Kalau terbakar rumpun padiEloklah terbang dibuat suluhKalaulah hutang itulah janjiLunasi dulu baru kau jauh


Ini dia nih contoh pantun nasihat 4 bait :

Tertangguk badan dan gulamaTiga gurundang di hulunyaDiuraikan si tambo lamaTiga undang dahulunya



Ini dia nih contoh pantun nasihat 4 baris

Pertama undang silama-lamaKedua undang sigemak-gemakKetiga undang simumbang jatuhItulah undang masa ketika
Gimana nih tentang pantun nasehat dari kami? Bermanfaat bukan untuk sebutan contoh pantun nasehatyakinlah semua da masanya. Terimakasih telah berkunjung di artikel contoh pantun nasehat. 

Mungkin kamu cari juga : pantun nasehat, pantun teka teki, pantun lucu, pantun jenaka, isi pantun nasehat, pantun nasehat dan contohnya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 25+ Contoh Pantun Nasehat Beserta Makna Pantun Nasehat

0 komentar: