Tokoh-Tokoh Penjelajahan Samudra dari Bangsa Eropa

Tokoh-tokoh penjelajahan samudra - Penjelajahan samudra adalah sebuah penjelajahan dimana bangsa barat salah satunya ingin membuktikan diri bahwa dunia itu bulat, serta sebagai bentuk kekecewaan akan kalahnya mereka di perang salib. Dalam penjelajahan samudera yang sampai ke dunia timur ada 4 negara yakni Spanyol, Portugis, Belanda dan Inggris. Tentunya dalam suatu ide penjelajahan samudra ada dalang atau biasa kita sebut pelopor bukan? Di era lampau Portugis dan Spanyol adalah dua negara yang dapat dikatakan sebagai pelopor penjelajahan samudra untuk menemukan dunia baru yaitu dunia timur.

http://www.learnsejarah.com/2017/08/tokoh-tokoh-penjelajahan-samudra-dari.html
PENJELAJAHAN SAMUDRA

Portugis sendiri telah membuka jalan baru untuk menemukan kepulauan nusantara sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Kemudian menyusul Belanda dan Inggris yang melanjutkan sebuah penjelajahan tersebut. Mereka melakukan sebuah penjelajahan samudra tentunya mempunyai maksud dan tujuan bukan? Adapan maksud dan tujuan dari penjelajahan samudra tidak semata-mata mencari keuntungan melalui perdagangan rempah-rempah tetapi ada tujuan yang lebih luas. Tujuan penjelajahan samudra adalah :


TUJUAN PENJELAJAHAN SAMUDRA

Tujuan penjelajahan samudra dilakukan oleh bangsa barat ke Indonesia adalah mematok sistem 3 G (Gold, Glory, Gospel). Berikut ini adalah penjelasan dari tujuan penjelajahan samudra diatas :

Gold : Memburu kekayaan dengan cara mengumpulkan emas dan perak bahan tambang serta bahan-bahan lain yang sangat berharga. Waktu itu yang mereka tuju adalah dunia timur.
Glory : Memburu kejayaan, superioritas, dan kekuasaan. Dalam kaitan ini mereka saling memperebutkan kekuasaan di dunia baru.
Gospel : Menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama. Pada mulanya orang-orang Eropa ingin mencari dan bertemu PresterJohn yang mereka yakini sebagai raja kristen dunia timur.

Nah itu merupakan tujuan penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa barat. Kemudian, siapa sih tokoh penjelajahan samudra? Tokoh yang ikut andil dalam mencari dunia timur? Kami sebutkan di bawah mengenai tokoh penjelajahan samudra.



TOKOH PENJELAJAHAN SAMUDRA

Tokoh penjelajahan samudra ada dari beberapa negara, akan kami sampaikan dengan runtut tentang tokoh penjelajahan samudra. Urutan tentang penjelajahan samudra yang pertama adalah Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda.

Tokoh Penjelajahan Samudra dari Bangsa Spanyol

Tokoh penjelajahan samudra dari bangsa Spanyol adalah sebagai berikut :

1. Christoper Columbus
2. Amerigo Vespucci
3. Ferdhinand Cortez
4. Fransisco Pizzaro
5. Ferdinand Magelhaens
6. Juan Sebastian del Cano

Penjelasan mengenai tokoh penjelajahan samudra dari bangsa Spanyol adalah seperti di bawah ini yang telah admin rangkum : 

1. Christoper Columbus, tokoh penjelajahan samudra yang berasal dari Spanyol adalah dia. Tanggal 3 Agustus 1492 dengan menggunakan 3 buah kapal yakni Santa Maria, Nina dan Pinta. Columbus mulai berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia Timur. Setelah berlayar lebih dari 2 bulan mengarungi samudra atlantik sampailah dia di Karibia. Ia merasa telah sampai sehingga menamai kepulauan Bahama sebagai Hindia Barat.

2. Amerigo Vespucci, tokoh penjelajahan samudra yang berasal dari Spanyol ya dia. Dia bersama dengan Columbus berlayar terhitung 4 kali. Mereka menemukan dunia baru yang dinamakan Amerika. Jadi penemu benua amerika adalah christoper columbus.

3. Ferdinand Cortez, tokoh penjelajahan samudra yang berasal dari Spanyol ya dia. Semenjak columbus menemukan benua munculah pelaut-pelaut baru. Ia berhasilmenaklukak meksiko dan Suku maya di semenanjung Yucatan.

Tokoh Penjelajahan Samudra dari Bangsa Portugis

Tokoh penjelajahan samudra dari bangsa Portugis adalah sebagai berikut :

1. Bartholomeuz Dias
2. Vasco Da Gama
3. Alfonso da Alburqueque
4. Fransisco Al Maeda
5. Pedro Alvares Cabral

Penjelasan mengenai tokoh penjelajahan samudra dari bangsa Portugis adalah seperti di bawah ini yang telah admin rangkum : 

1. Bartholomeuz Dias, tokoh penjelajahan samudra yang berasal dari Portugis adalah dia. Tahun 1486 mengawali penjelajahan samudra dari Portugal. Kemudian dia menemukan afrika yang mana salah satu daerahnya Tanjung Harapan.

2. Vasco da Gama, tokoh penjelajahan samudra yang berasal dari Portugis adalah dia. Dia sampai di kalikut, India.

Tokoh Penjelajahan Samudra dari Bangsa Belanda

Tokoh penjelajahan samudra dari bangsa Belanda adalah sebagai berikut :

1. Barentz
2. Cornelis de Houtman
3. Pieter de Kaizer
4. Abel Tasman
5. Willem Janz

Tokoh Penjelajahan Samudra dari Bangsa Inggris

Tokoh penjelajahan samudra dari bangsa Inggris adalah sebagai berikut :

1. Sir Francis Drake
2. Thomas cavendish
3. Pilgrim Fathers
4. Sir James Lancester dan George Raymond
5. Sir Henry Middleton
6. William Dampier
7. James Cook
8. Matthew Flinders

Sekian adalah artikel mengenai tokoh-tokoh penjelajahan samudra. yang mana tokoh penjelajahan samudra dari berbagai negara. Semoga bermanfaat.

Source : PPT Guru Sejarah

Mungkin juga kamu mencarinya dalam artikel ini : nama tokoh penjelajahan samudera dari portugis, nama tokoh penjelajahan samudera dari spanyol, tokoh penjelajah samudera asal negara dan daerah temuannya, tokoh penjelajah samudra dan asal negaranya, tokoh penjelajahan samudra bangsa belanda, tokoh penjelajahan samudra bangsa spanyol, tokoh penjelajahan samudra beserta daerah penemuannya
Post a Comment