LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Sejarah Terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam di Era Kemerdekaan, Reformasi dan Modern

SEJARAH HMI


Sejarah terbentuknya Himpunan Mahasiswa - Mungkin sebagian dari anak muda muslim tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam yang sering melakukan kegiatan positif yang mencitrakan agama Islam itu sendiri. Nah, mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya tentang apa itu Himpunan Mahasiswa Islam atau sering disebut dengan HMI saja dan bagaimana sejarah HMI hingga berkembang seperti saat ini?

SEJARAH HMI

SEJARAH TERBENTUKNYA HMI


Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI didirikan di Yogjakarta pada tanggal 14 Rabiulawal 1366 Hijriah atau 5 Pebruari 1947 atas ide Lafran Pane dan 14 orang lain yang berstatus mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Yogjakarta atau sekarang menjadi Universitas Islam Indonesia atau UII yang mengawali sejarah HMI di Indonesia.

Sebelum sejarah HMI lahir telah ada organisasi Perserikatan Mahasiswa Yogyakarta atau PMY pada tahun 1946 yang merupakan perkumpulan mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Yogjakarta yaitu Sekolah Tinggi Teknik (STT), Sekolah Tinggi Islam (STI) dan Balai Perguruan Tinggi Gajah Mada.

Adanya suasana politik Indonesia pada saat itu yang mengalami polarisasi antara partai Sosialis atau pemerintah dengan pihak oposisi menyebabkan PMY mulai terpolarisasi yang membawa sebagian besar mahasiswa berhaluan ke partai Sosialis. Selain itu, tekanan dari pihak Belanda memperkuat diri di Indonesia mengakibatkan sebagian besar mahasiswa mendirikan organisasi baru yang merupakan awal tonggak sejarah HMI.

HMI diprakarsai Lafran Pane yang merupakan mahasiswa tingkat 1 fakultas hukum Sekolah Tinggi Islam yang saat ini disebut dengan Universitas Islam Indonesia bersama rekan-rekannya. Sebelumnya Lafran Pane mengundang mahasiswa yang tergabung dalam organisasi PMY dan Gerakan Pemuda Islam Indonesia untuk menciptakan organisasi baru namun tidak mencapai kesepakatan dalam sejarah HMI.

Sejarah HMI dimulai pada tanggal 5 Pebruari 1947, akhirnya rapat tertutup tanpa undangan yang dipimpin Lafran Pane pun berhasil digelar di salah satu ruangan kuliah STI di Jalan Setyodiningratan 30. Akhirnya organisasi baru dengan nama Himpunan Mahasiswa Islam pun didirikan dan memiliki beberapa kesepakatan sebagai berikut ini.

1.    Hari Rabu tanggal 5 Pebruari 1947 adalah hari berdirinya organisasi Himpunan Mahasiswa Islam atau disingkat HMI yang memiliki tujuan mempertahankan NKRI dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia serta menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam.
2.    Mengesahkan anggaran dasar HMI yang akan dibuat selanjutnya.
3.    Membentuk kepengurusan HMI

Itulah sejarah HMI pada masa kemerdekaan yang terus berkembang hingga masa reformasi tiba. Tentu seluruh mahasiswa HMI sekarang pun harus berterima kasih kepada Lafran Pane sebagai penggagas lahirnya HMI yang memiliki citra positif di kalangan mahasiswa Islam Indonesia. Sebab HMI ikut turut serta melawan agresi militer Belanda hingga turut serta menumpas pemberontakan G30S PKI pada tahun-tahun kemerdekaan Indonesia tersebut.

Sejarah HMI pada era reformasi dan modern


Sejarah HMI terus tercatat memberikan kontribusi pada negara Indonesia setalah fase gerakan bersenjata usai. HMI ikut serta memelopori adanya orde baru untuk menghapuskan orde lama yang memiliki otoriter tinggi. Dengan pembaharuan pemikiran yang baru, HMI berharap bisa memberikan interpretasi dinamika persoalan kebangsaan dan keumatan di Indonesia.

Pada tahun 1995, HMI mulai melakukan gerakan reformasi kepada pemerintah dengan menyampaikan gagasan dan pemikiran. Sejarah HMI tersebut menciptakan pemikirabn baru karena selama ini HMI dianggap terlalu dekat dengan kekuasaan. Hal tersebut disampaikan pada kongres XX HMI di Istana Negara pada tanggal 21 Januari 1995.

Kini, HMI telah berusia lebih dari setengah abad dan mengalami segala macam transformasi dari era kemerdekaan hingga era reformasi. Di era serba modern saat ini, tentu HMI tetap ingin mencapai tujuan seperti yang pernah diungkapkan pendiri HMI terdahulu. HMI akan terus mengajarkan dan menegakkan ajaran Islam ditengah gempuran degradasi moral anak bangsa khususnya mahasiswa Islam yang akan terus mencatanya dalam sejarah HMI.

Kehidupan modern yang hingar bingar dan penuh dengan keburukan moral pun menjadi salah satu tantangan untuk HMI terus berkiprah menciptakan kehidupan berbangsa yang sesuai dengan tatanan agama Islam.

Beberapa langkah strategis yang dilakukan oleh HMI di era modern ini antara lain memperkuat pondasi gerakan yaitu menciptakan kader berwawasan sesuai dengan tuntutan jaman, mencanangkan kembaliu back to campusIslamic yang ingin menyemarakkan kembali kampus dengan kegiatan positif yang bisa mengoptimalkan potensi dan mengubah paradigma pikir dari lisan menjadi tulisan agar bisa berguna untuk kehidupan umat di masa yang akan datang.

Itulah sejarah HMI dari era kemerdekaan yang gigih memperjuangkan bangsa dengan turut serta membela negara hingga mencapai gerakan prestasi pada masa-masa setelahnya. Kini tantangan tersebut terus ada hingga mencapai era modern seperti saat ini. HMI pun akan tetap berjuang mencapai tujuan menciptakan kehidupan yang adil dan makmur namun tetap sesuai syariat Islam yang diridhoi Allah SWT.


Sumber

Mungkin juga kamu cari disini : sejarah berdirinya himpunan mahasiswa islam, sejarah himpunan mahasiswa, sejarah himpunan mahasiswa indonesia, sejarah himpunan mahasiswa islam, sejarah himpunan mahasiswa islam (hmi),
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam di Era Kemerdekaan, Reformasi dan Modern

0 komentar: