LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Sejarah Nenek Moyang dan Berdirinya Negara Israel

SEJARAH ISRAEL

Sejarah Israel Ditengah gempuran berita Israel yang terus menyerang Gaza yaitu daerah perbatasan antara Israel dan Palestina hingga berita terbaru tentang penggempuran Masjidil Aqsa yang banyak dikecam, mungkin kalian banyak bertanya mengenai sejarah Israel sendiri.

Ya, bangsa Israel adalah bangsa pilihan Allah karena disebutkan di berbagai kitab agama baik Islam, Kristen maupun Yahudi sendiri. Telah banyak disebutkan kelebihan bangsa ini dibanding dengan bangsa lain terdahulu.

Jika kalian mendengar bangsa Yahudi pasti mengetahui betul bahwa banyak sekali cendekiawan dari Yahudi yang berhasil menciptakan perubahan pada dunia seperti Karl Max, Albert Enstein bahkan pendiri Microsoft, Steve Jobs, serta pendiri Facebook, Mark Zuckerberg adalah keturunan Yahudi.  Nah, bagaimana sejarah Israel hingga mereka menjadi bangsa yang besar hingga saat ini?

SEJARAH ISRAEL

ASAL MULA SEJARAH ISRAEL

Sejarah Israel mencatat bahwa asal mula leluhur mereka tak lepas dari peranan tiga nabi yaitu Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq dan juga Nabi Ya’qub baik dalam ajaran banyak agama termasuk Islam. Dari keturunan Nabi Ya’qub itulah mulai kisah perjalanan hijrah keturunan beliau yaitu Nabi Musa yang dibuang ke sumur oleh saudara-saudaranya hingga ditemukan para saudagar dan dijual sebagai budak ke tanah Mesir.

Saat Nabi Yusuf berkuasa di Mesir maka keturunan nabi Ya’qub pun mulai bertambah banyak di berbagai wilayah di Mesir tersebut. Hingga tiba masa kaum Firaun yang ketakutan melihat perkembangan keturunan kaum Nabi Yusuf apalagi ketutunan laki-laki yang semakin banyak hingga akhirnya munculnya penindasan dan perbudakan kaum pendatang Mesir. Raja Firaun pun memerintahkan pembunuhan kepada bayi laki-laki yang lahir hingga Allah menurunkan Nabi Musa di tengah kaum Bani Israel yang menjadi awal mula sejarah Israel yang baru.


Dari jaman Nabi Musa inilah, kaum bani Israel keluar dari tanah Mesir hingga kembali ke tanah Palestina dan mengalami percampuran dengan bangsa lain yang telah tinggal di Palestina seperti yang kalian kenal saat ini membuat sejarah Israel yang baru hingga diutusnya Nabi Isa di tengah kaum ini oleh Allah SWT.

Terlepas dari asal mula nenek moyang dan leluhur asal kaum Yahudi, Israel telah menjelma menjadi salah satu negara kecil yang memiliki kekuasaan dan berdaulat di era modern saat ini.

SEJARAH BERDIRINYA NEGARA ISRAEL


Sebagai satu-satunya negara dengan populasi manusia mencapai lebih dari 7 juta dengan dominasi umat Yahudi yang mencapai 75%, Israel pun dikenal sebagai negara Yahudi.

Sedangkan minoritas lain adalah bangsa Arab sebanyak 20% dan minoritas pendatang atau percampuran bangsa lain sebanyak 5%. Luas wilayah Israel sendiri tidak begitu besar yaitu 20.770 km2atau kalian hanya bisa mengelilingi seluruh wilayah negeri ini dalam hitungan jam saja. Termasuk salah satu negara kecil namun sejarah Israel adalah yang tertua di dunia.

Sejarah Israel dimulai sejak adanya konsep tanah Israel yang telah dipercaya sejak jaman terdahulu. Hingga akhirnya, Liga Bangsa-Bangsa atau LBB yang kini telah berganti menjadi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB menyetujui adanya pembagian wilayah negara Palestina menjadi dua wilayah yaitu wilayah Yahudi dan wilayah Arab.

Akibat adanya persetujuan tersebut, sejarah Israel baru ditandai dengan proklamasi kemerdekaan negaranya pada tanggal 14 Mei 1948 dengan pusat pemerintahan di Yerusallem. Hal inilah yang memicu peperangan dengan bangsa Arab lain yang menolak sistem pembagian wilayah ini dan berakhir dengan kemenangan di kubu Israel. Sungguh akibat peperangan ini, negara Israel pun berhasil memperluas wilayahnya hingga melebihi batas yang telah ditentukan oleh LBB pada saat itu dalam rencana pembagian wilayah.

Sejak saat itu, negara Israel terus melakukan peperangan hingga menandatangani perjanjian damai dengan Yordania dan juga Mesir sedangkan dengan Palestina belum juga mencapai kesepakatan hingga saat ini. Tentu hal tersebut mendapat pertentangan dan kritikan dari berbagai negara di dunia namun tidak pernah bisa tersepakati atau mendapat titik solusi yang mungkin telah ditakdirkan dalam sejarah Israel.

Ya, terlepas dari semua konflik yang melanda antara Israel dengan Palestina tentang daerah atau wilayah perbatasan, Israel adalah negara yang memiliki daya saing ekonomi tinggi dibanding dengan negara-negara Arab di sekitarnya. Dipimpin oleh perdana menteri dengan pusat pemerintahan di Yerusalem, Israel adalah negara yang memiliki kedaulatan meski hal itu belum juga mendapatkan pengakuan dari negara lain.

Dengan sejarah Israel yang telah ada sejak ribuan tahun lalu, Israel membuktikan sebagai bangsa yang istimewa karena memiliki tingkat kecerdasan yang luar biasa dibanding dengan bangsa lain. Negara ini juga memiliki tanah suci yang dihormati oleh banyak agama termasuk Yahudi, Islam, Kristen dan kepercayaan Baha’i.

Itulah kisah sejarah Israel sejak menjadi kaum yang diistimewakan sejak jama terdahulu hingga saat ini menjadi negara yang masih berseteru dengan Palestina.

Sumber

Mungkin yang kamu cari juga di artikel ini : artikel sejarah israel, artikel sejarah israel kuno
makalah sejarah israel, sejarah adanya israel, sejarah asal israel, sejarah awal israel, sejarah bangsa israel, sejarah israel berdiri, sejarah israel dan yahudi, sejarah israel menurut alkitab, sejarah israel merdeka, sejarah lengkap israel
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Nenek Moyang dan Berdirinya Negara Israel

0 komentar: