Sejarah Awal Mula Demokrasi di Dunia dan Indonesia

Sejarah Awal Mula Demokrasi di Dunia dan Indonesia


Sejarah awal demokrasiIndonesia adalah negara kesatuan yang berdaulat dan mengenal konsep demokrasi dalam menjalankan sistem pemerintahan dengan presiden yang memegang kekuasaan tertinggi. Mungkin kalian pun penasaran sejak kapan sejarah demokrasi dimulai dan siapa yang memulai sistem demokrasi tersebut? Kali ini, kita akan mengupas tuntas perkembangan sejarah demokrasi di dunia dan Indonesia.

SEJARAH DEMOKRASI


Awal mula kisah sejarah demokrasi di dunia


Ternyata sejarah demokrasi telah ada sejak jaman dahulu khususnya bermula saat Yunani terpecah menjadi bagian-bagian kota kecil yang memiliki warga tak lebih dari 10.000 orang. Semua orang pun berhak menyuarakan pendapat terkait dengan keputusan atau sistem pemerintahan hingga akhirnya istilah demokrasi muncul sejak abad 5 Masehi di ibukota Yunani, Athena.

Berasal dari dua kata bahasa Yunani yaitu demos yang memiliki makna rakyat dan kratos yang berarti pemerintahan yang berarti memiliki makna variatif, evolutif dan dinamis. Berawal dari sini, paham demokrasi mulai menyebar dan dianut oleh berbagai negara di belahan dunia yang menjadi tonggak sejarah demokrasi.

Namun, sejarah demokrasi di Yunani sendiri pernah mengalami pasang surut saat menghilangnya sistem tersebut dari peradaban dunia. Hingga akhirnya paham demokrasi muncul kembali saat terjadi revolusi Perancis oleh Montesquieu yang mengeluarkan teori pemisahan pemerintahan atau dikenal dengan sebutan Trias Politika yaitu membagi kekuasaan menjadi tiga yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif. Teori yang kini dianut oleh negara sistem demokrasi termasuk Indonesia tercinta.

Namun, hal tersebut tentu tidak mempermudah sejarah demokrasi di Perancis karena adanya penggulingan kekuasaan oleh Napoleon Bonaparte yang menjadikan Perancis menjadi negara monarki kembali dengan Napoleon sebagai kaisarnya. Kegagalan sistem demokrasi di Perancis mempengaruhi sejarah demokrasi di dunia karena negara lain di Eropa yang enggan menggunakan sistem tersebut. Namun, akhirnya paham demokrasi meluas dibawa oleh para pendatang di Amerika yang saat itu belum memiliki sistem pemerintahan yang terkontrol atau penduduk asli Amerika masih begitu primitif.

Di benua baru itulah, orang Eropa mulai membuat negara baru dengan dasar kebebasan bahkan kalian pasti mengenal kata-kata hebat dari seorang presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln, bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.  Bahkan patung Liberty adalah simbol dari kebebasan tersebut yang merupakan hadiah dari Perancis kepada Amerika Serikat. Kini paham demokrasi telah menyebar ke seluruh pelosok dunia bahkan banyak negara yang menganut paham demokrasi yang dianggap menghargai hak asasi manusia dan juga kebebasan mengemukakan pendapat salah satunya adalah negara kita tercinta, Indonesia.

Sejarah awal mula paham demokrasi di Indonesia


Indonesia saat ini adalah negara kesatuan yang memilih paham demokrasi atau menjunjung tinggi rakyat yang bebas mengeluarkan pendapat bahkan memeluk agama dan kebebasan tersebut dilindungi oleh Undang-Undang 1945. Jika menilik sejarah demokrasi di Indonesia pada mulanya maka kita akan melihat bahwa paham demokrasi mulai berkembang pada masa kemerdekaan.

Dulunya, Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah yang sangat luas sehingga banyak kerajaan berdiri di pelosok nusantara misalnya kerajaan Majapahit, Sriwijaya, Singosari, Demak dan masih banyak lagi kerajaan lain yang membuktikan bahwa Indonesia menganut paham atau sistem monarki sejak berabad-abad yang lalu sebelum mengenal paham pemerintahan demokrasi.

Namun, seiring datangnya kaum kolonial atau Belanda yang mulai menjajah Indonesia pada abad 16 mulai mengubah sistem yang ada di Indonesia. Terlepas dari berbagai gerakan perjuangan baik perjuangan bersenjata dan perjuangan diplomatis hingga akhirnya Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sejak proklamasi kemerdekaan tersebut, Indonesia menganut paham demokrasi yang terus berlangsung hingga sekarang ini.

Sejarah demokrasi di Indonesia sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yaitu perkembangan demokrasi revolusi kemerdekaan pada tahun 1945, demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin, demokrasi era orde baru hingga demokrasi era reformasi sampai saat ini. Tentu saja banyak hal yang terjadi selama Indonesia terbagi menjadi beberapa perkembangan tersebut sejak merdeka lebih dari setengah abad silam.

Sejarah demokrasi yang kini ada sejak jaman reformasi adalah demokrasi pancasila yang menjadikan pancasila sebagai landasan utama. Tentu sistem demokrasi pancasila ini memiliki banyak perbedaan dengan sistem demokrasi parlementer atau demorkasi orde baru seperti pemilihan umum yang dilakukan pada tahun 1999 adalah sistem demokrasi yang paling demokratis dibanding sebelumnya dan kebebasan berpendapat dijamin keamanannya.

Kini, sejarah demokrasi di Indonesia sendiri berjalan dengan baik meski adanya oknum-oknum yang berusaha menjatuhkan sistem demokrasi yang telah ada. Terlepas dari kebebasan pendapat rakyat Indonesia namun tetap perlu memahami aturan yang berlaku karena sanksi pun menunggu bila menyatakan pendapat tidak sesuai dengan norma dan aturan yang ada. Indonesia tetaplah negara ketimuran yang menjunjung adat istiadat, sopan santun dan kehidupan bermartabat yang baik sesuai dengan aliran kepercayaan masing-masing.

Sumber


Mungkin yang juga kamu cari : artikel sejarah demokrasi di indonesia, makalah sejarah demokrasi di indonesia, sejarah adanya demokrasi, 
Post a Comment