Proses Evolusi Bumi dan Terbentuknya Kepulauan Indonesia

Proses evolusi bumi dan Terbentuknya Kepulauan Indonesia

Proses Evolusi Bumi - Penjelasan tentang penciptaan bumi atau evolusi bumi memanglah layak di perbincangkan. Proses evolusi bumi sendiri terbagi menjadi beberapa teori. Banyak sekali teori mulai dari penjelasan agama dan ilmu pengetahuan. Dua hal itu tidaklah bisa dijadikan satu pedoman untuk menentukan kebenaran proses evolusi bumi yang ada. Dalam hakikat sejarah, ada yang disebut dengan teori big bang.

APA ITU TEORI BIGBANG

Teori bigbang atau 'dentuman besar' merupakan teori oleh Stephen Hawking yang menyatakan bahwasanya alam semesta mulanya adalah berbentuk gumpalan gas yang mengisi seluruh ruang jagad raya. Gumpalan gas yang meledak dahsyat itu menyebar kesuluh arah dan tersisalah energi berupa proton, neutron dan elektron. Teori bigbang sendiri adalah salah satu teori yang menjelaskan proses evolusi bumi.

http://www.learnsejarah.com/2017/07/proses-evolusi-bumi-lengkap.html
PEMBAGIAN ZAMAN

PROSES EVOLUSI BUMI

Selanjutnya proses evolusi bumi, dengan kata lain proses evolusi bumi ini adalah keseluruhan tentang bagaimana bumi ini terbentuk. Dalam proses evolusi bumi ini memakan waktu yang sangat lama, mencapai ribuan juta tahun atau milyaran tahun. Menurut ilmu palaentologi dibagilah enam tahap waktu geologis. Masing-masing tahapan ditandia dengan munculnya gunung hingga makhluk-makhluk sederhana yang bermunculan. Lalu berepa periodekah proses evolusi bumi? Ini dia penjelasan mengenai 4 periode proses evolusi bumi :

  1. Zaman azoicum, (Yunani : a = tidak; zoon = hewan), merupakan zaman sebelum adanya kehidupan. Pada zaman ini bumi baru terbentuk dengan suhu yang berkisaran relatif tinggi. Waktunya lebih dari 1 milyar tahun. Kesimpulannya zaman azoicum adalah zaman yang belum adanya kehidupan.
  2. Zaman Palaeozoicum, ini merupakan zaman purba tertua. Pada zaman ini sudahlah meninggalkan sebuah fosil flora dan fauna. Berlangsung sekitar 350 juta tahun.
  3. Zaman Mesozoicum, yaitu dimana zaman ini adalah zaman purba tengah. Pada masa ini hewan mamalia (menyusui), hewan amfibi, burung dan tumbuhan berbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140 juta tahun.
  4. Zaman Neozoicum, yaitu zaman purba baru, yang dimulai sejak 60 juta tahun yang lalu. Dibagilah zaman ini menjadi dua tahap yaitu (Tersier dan Quarter), zaman es mulai menyusut dan makhluk tingkat tinggi dan manusia mulai hidup.

Zaman Arkaikum (Azoicum)

Zaman arkaikum adalah proses evolusi bumi yang merupakan zaman tertua yang mana kulit bumi benar benar masih opanas dan baru dalam proses pembentukan. Maka dari itu zaman ini belum ada kehidupan.

Zaman Palaeozoicum 

Zaman dalam proses evolusi bumi dimana binatang-binatang kecil (mikroorganisme) sudah mulai ada. Juga zaman palaeozoicum telah ada binatang bertulang punggung, semisal : beberapa jenis ikan, amphibi, reptil. Zaman ini juga merupakan atau disebut dengan zaman zaman primer (zaman pertama).

http://www.learnsejarah.com/2017/07/proses-evolusi-bumi-dan-terbentuknya.html
BINATANG YANG HIDUP PADA ZAMAN PALAEOZOICUM

Zaman Mesozoicum

Zaman mesozoicum dalam proses evolusi bumi ini zaman reptil yang mana zaman ini berkembang sangat cepat sekali dalam besarnya reptil. Contoh reptilnya adalah komodo yang saat ini masih ada.

http://www.learnsejarah.com/2017/07/proses-evolusi-bumi-dan-terbentuknya.html
ZAMAN MESOZOICUM


Zaman Neozoicum

Zaman dalam proses evolusi bumi yang merupakan zaman baru yang dibagi menjadi :
  • Zaman Tersier
  • Zaman Kwarter dibagi lagi menjadi dua yaitu Pleistosen (zaman glasial dan interglasial) serta Holosen/Aluvium.

PEMBAGIAN ZAMAN NEOZOICUM


Ini merupakan zaman neozoikum, dibagi menjadi anak zaman dan skala waktunya tertera.

http://www.learnsejarah.com/2017/07/proses-evolusi-bumi-dan-terbentuknya.html


TERBENTUKNYA KEPULAUAN INDONESIA

Setelah membahas mengenai proeses evolusi bumi, sekarang membahas tentang bagaimana terbentuknya kepulauan Indonesia. Indonesia merupakan negara yang diapit dua benua dan dua samudera. Benua asia di utara serta Benua Australia di selatan. Yang mana samudera hindia di barat dan samudera pasifik di timur. Terbentuknya kepulauan Indonesia sendiri beragam, simak di bawah ini tentang terbentuknya kepulauan Indonesia.

Batas kepulauan Indonesia : 

  • Benua Asia merupakan benua yang mengapit di Indonesia bagian utara.
  • Benua Australia merupakan benua yang mengapit Indonesia bagian selatan.
  • Samudera Hindia merupakan samudera yang menghimpit Indonesia bagian barat
  • Samudera Pasifik merupakan samudera pada bagian timur.

Tadi adalah terbentuknya kepulauan Indonesia yang di batasi oleh benua dan samudera. Bab tentang terbentuknya kepulauan Indonesia sangat menarik bukan untuk dibahas? Yak Indonesia merupakan tanah yang subur dan kaya alam. Dalam teorinya Indonesia merupakan negara yang banyak ditemuinya titik temu tiga lempeng. Ini adalah tiga lempeng yang berada di area Indonesia. Di bawah ini merupakan lempeng yang ada di Indonesia, pada hakikatnya terbentuknya kepulauan Indonesia sendiri dikarenakan adanya lempeng-lempeng berikut :

Tiga lempeng yang ada di Indonesia :
  • Lempeng Indo Australia, di selatan.
  • Lempeng Eurasia, di utara
  • Lempeng Pasifik, di timur
Terbentuknya kepulauan Indonesia sendiri saling keterkaitan antara lempeng dan gerakan lempeng. Yang  mana tiga lempeng diatas sendiri mempunyai gerakan-gerakan lempeng. Ini dia gerakan lempeng-lempeng tersebut :
  • Subduksi merupakan pergerakan lempeng ke atas.
  • Obduksi merupakan pergerakan lempeng ke bawah.
  • Kolisi merupakan tumbukan lempeng.
Pergerakan lempeng lain dapat berupa pemisahan atau divergensi (tabrakan) lempeng-lempeng. Pergerakan mendatar berupa pergeseran lempeng-lempeng tersebut masih berlangsung sampai sekarang. Nah, pergerakan lempeng inilah yang membuat wilayah Indonesia sangat rentan terhadap bencana alam karena tanahnya yang sangat aktif. Dengan demikianlah terjadinya atau terbentuknya kepulauan Indonesia.

Source : Buku Sejarah kelas 10 Semester 1

Mungkin juga yang kamu cari disini adalah : deskripsikan proses evolusi bumi berdasarkan geologi, jelaskan proses evolusi bumi atas dasar arkeologi, jelaskan proses evolusi bumi secara geologis, jelaskan tahapan proses evolusi bumi, jelaskan tentang proses evolusi bumi, proses evolusi bumi adalah, proses evolusi bumi dan terbentuknya kepulauan indonesia, proses evolusi bumi lengkap, proses evolusi bumi secara singkat, proses evolusi bumi sehingga terbentuknya kepulauan, proses evolusi bumi terbagi dalam 4 periode, sebutkan empat proses evolusi bumi, 3 jenis lempeng di indonesia, jelaskan 3 lempeng di indonesia, lempeng aktif di indonesia, lempeng tektonik di indonesia, nama lempeng di indonesia, sebutkan 3 lempeng di indonesia, sebutkan lempeng tektonik di indonesia, tiga lempeng di indonesia, awal terbentuknya kepulauan indonesia, jelaskan bagaimana terbentuknya kepulauan indonesia, jelaskan tentang terbentuknya kepulauan indonesia, proses terbentuknya kepulauan indonesia dan akibatnya, sebutkan faktor terbentuknya kepulauan indonesia, terbentuknya kepulauan indonesia menurut teori big bang, terbentuknya kepulauan indonesia merupakan hasil dari, terbentuknya kepulauan indonesia singkat
Post a Comment