LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Perjanjian Roem Royen (Isi Perjanjian Roem Royen, Akibat Perjanjian Roem Royen, dan Tokoh Perjanjian Roem Royen)

Perjanjian Roem Royen (Isi Perjanjian Roem Royen, Akibat Perjanjian Roem Royen, dan Tokoh Perjanjian Roem Royen)


Perjanjian Roem Royen - Perundingan perjanjian roem royen merupakan sebuah capaian yang bagus dari PBB yang berinisiatif untuk menyelesaikan sengketa antara pihak Indonesia dan Belanda. Tepatnya 4 April 1949 yang menjadikan Belanda mau dan tidak enggan untuk maju dalam meja perundingan untuk menyelesaikan konflik dengan Indonesia. Dalam perjanjian roem royen ini delegasi Indonesia ialah Mr. Muhammad Roem.

Dalam perundingan roem royen atau perjanjian roem royen ini Indonesia menginginkan pemerintahan kembali ke Yogyakarta dan Belanda juga menginginkan gerilya yang dilakukan oleh Jendral Soedirman dapat dihentikan. Sewaktu itu Belanda sangat amat kewalahan akan perang gerilya yang dilakukan oleh Soedirman.


Tokoh Perundingan Roem Royen atau Perjanjian Roem Royen

Seperti pada umumnya perundingan roem royen pun memiliki tokoh dalam perundingan ini. Lalu siapa sih tokoh dalam perundingan roem royen itu?

  1.  Tokoh delegasi Indonesia dalam perundingan roem royen adalah Mr. Muhammad Roem.
  2. Tokoh delegasi Belanda dalam perundingan roem royen adalah Dr. Van Royen.

Sekarang sudah tau kan kalian siapa tokoh dalam perundingan roem royen? Oke kalo begitu sekarang kalian pasti bertanya. Apa sih isi dari perjanjian roem royen? Berikut ini adalah isi dari perjanjian roem royen.


BACA JUGA : Perjanjian Bongaya

ISI PERJANJIAN ROEM ROYEN

http://www.learnsejarah.com/2017/07/perjanjian-roem-royen-isi-perjanjian.html
PERJANJIAN ROEM ROYEN


Isi perjanjian roem royen di awali dengan kesepakatan pada tanggal 7 Mei 1949 yang mana statement ini dinamakan atau di namai perjanjian Roem Royen yang di selenggarakan di Hotel des Indes Jakarta. Ini dia isi perjanjian roem royen :

  1. Pemerintah Belanda dan Republik Indonesia secara sepakat untuk menghentikan tembak menembak.
  2. Pemerintahan RI dikembalikan terhadap pangkuan Yogyakarta.
  3. Pemimpin RI yang ditahan Belanda segera di bebaskan, dan
  4. Segeralah diadakan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag.
Itu adalah isi perjanjian roem royen secara ringkas. Sudah tau kan sekarang? Sebenarnya dalam perjanjian pasti ada pihak yang di untungkan maupun tidak diuntungkan. Disini saya akan membahas mengenai dampak atau akibat perjanjian roem royen.

DAMPAK PERJANJIAN ROEM ROYEN

Roem royen mempunyai dampak atau akibat dari perjanjian ini. Ini adalah dampak dari perundingan roem royen :

  1. Belanda dengan terpaksa harus meninggalkan daerah Yogyakarta.
  2. PDRI mengembalikan dengan sah mandatnya terhadap RI.
  3. TNI kembali ke Yogyakarta.
  4. Panglima Soedirman kembali ke Yogyakarta.
Itulah isi perjanjian roem royen, tokoh perjanjian roem royen serta dampak perjanjian roem royen. Dalam sejarahnya sebenarnya perjanjian ini menandakan jogja kembali. Peristiwa dimana RI kembali memegang pemerintahan Yogyakarta yang kala itu dikuasai Belanda. Sekian artikel yang dapat di sampaikan semoga bermanfaat.

BACA JUGA : Isi TRIKORA Lengkap
BACA JUGA : Isi Tritura Lengkap



Source : PPT Guru 

Mungkin yang kamu juga cari dalam artikel ini : contoh makalah perjanjian roem royen, dalam perundingan roem royen indonesia diwakili oleh, isi perjanjian roem - royen pada tanggal 7 mei 1949, makna perjanjian roem royen bagi indonesia, perjanjian linggarjati perjanjian roem royen perjanjian renville, perjanjian roem royen dan renville, perjanjian roem royen diwakili oleh, perjanjian roem royen indonesia diwakili oleh, perjanjian roem royen isi dan dampak, perundingan roem royen indonesia diwakili oleh
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perjanjian Roem Royen (Isi Perjanjian Roem Royen, Akibat Perjanjian Roem Royen, dan Tokoh Perjanjian Roem Royen)

0 komentar: