Lahirnya Agama Hindu di Indonesia [Lengkap]

LAHIRNYA AGAMA HINDU DI INDONESIA


Lahirnya agama hindu di Indonesia - Lahirnya agama hindu di Indonesia merupakan awal mula dari keberadaan agama hindu di Indonesia. Agama Hindu sendiri merupakan salah satu agama yang berada di Indonesia. Sebenernya kapan sih lahirnya agama hindu sendiri? Lahirnya agama hindu sendiri dimulai atau lahir dari India. Agama Hindu yang lahir di India merupakan perpaduan antara bangsa arya (keturunan indo-jerman) dan bangsa dravida (bangsa asli). Agama hindu sendiri awal mulanya berpusat di Hindustan. Dimanakah hindustan? Hindustan ada di daerah India.

Taukah kalian tentang lahirnya agama hindu di Indonesia? Lahirnya agama hindu sendiri memiliki keterkaitan atau hubungan dengan kedatangan suku arya di India. Suku arya yang merupakan perpaduan antara indo-jerman masuk ke India sejak 1500 SM. Bangsa arya yang masuk ke India sendiri melalu celah kaiber (Afghanistan) dan mendiami aryawarta (daerah yang berada di lembah indus, lembah gangga, dan lembah yamuna di dataran tinggi dekhan). 
http://www.learnsejarah.com/2017/07/lahirnya-agama-hindu-di-indonesia.html
LAHIRNYA AGAMA HINDU


Setelah bangsa arya memasuki India, mereka dengan gagah mendesak ras dravida (penghuni asli India) dan terjadilah percampuran kedua ras suku bangsa tersebut. Percampuran budaya antara kedua ras itu disebut peradaban hindu atau hinduisme. 

BACA JUGA : Lahirnya Agama Budha di Indonesia

Lahirnya agama hindu di Indonesia memang melalui suku percampuran. Namun sebelumnya kalian harus mengenal Agama Hindu sendiri. Agama Hindu adalah sinkretisme antara kebudayaan arya dan dravida yang menyembah banyak dewa. Dewa dalam agama hindu memang banyak dan masing-masing memiliki kemampuan tersendiri menurut kpercayaan penganut hindu. Agama hindu sendiri bersifat politeisme artinya menyembah banyak dewa. Dalam lahirnya agama hindu kita juga harus tau. Setiap dewa dari agama Hindu mempunyai lambang kekuatan alam masing-masing.

HAL-HAL YANG DIAJARKAN AGAMA HINDU

Lahirnya agama hindu di Indonesia sendiri pasti membawa pengaruh. Nah disini saya akan membahas tentang hal-hal yang diajarkan agama hindu :
1. Hidup di dunia adalah samsara : akibat dari perbuatan yang kurang baik.
2. Adanya karma : hasil dari perbuatan yang kurang baik.
3. Akibat karma manusia akan mengalami reinkarnasi : yakni dilahirkan kembali dalam wujud yang lebih rendah.
4. Orang yang sempurna hidupnya akan moksa : yaitu lepas dari samsara.
Lahirnya agama hindu di Indonesia sendiri mengajarkan ajaran-ajaran yang baik. Berikut akan saya ulas semua tentang agama hindu di Indonesia.

4 Jalan Hindu (Catur Marga)

Hindu identik dengan catur marganya, lahirnya agama hindu sendiri membawa 4 jalan yang mana penganut harus tau akan 4 jalan hindu atau biasa disebut dengan catur marga :
1. Bakti Marga : Merupakan cara berbakti
2. Karma Marga : Cara bertingkah laku
3. Jnana Marga : Cara bijak dan pandai
4. Yoga Marga : Cara mendisiplinkan diri secara rohani
Selain tentang jalan hindu atau biasa disebut dengan catur marga, agama hindu juga mengajarkan ajaran dasar hindu yang berisi 5 ajaran kepercayaan atau panca randha. Berikut ini adalah 5 ajaran kepercayaan atau panca randha dalam agama hindu.


AJARAN DASAR HINDU (PANCA RANDHA)

Ajaran dasar hindu ini memiliki 5 isi kepercayaan yang dianut yaitu :

1. BRAHMAN
2. ATMAN
3. KARMAPHALA
4. PUNARBHAWA
5. MOKSA

Nah, selanjutnya dalam agama hindu sendiri menganut sistem kasta, apa sih sistem kasta dalam ajaran hindu sendiri?


SISTEM KASTA AGAMA HINDU

Sistem kasta agama hindu, agama hindu sendiri mempunyai sebuah sistem kasta. Berikut ini adalah sistem kasta dalam agama hindu :

1. Kasta Brahmana 
2. Kasta Ksatria
3. Kasta Waisya
4. Kasta Sudra

Selain kasta diatas disebutlah dengan paria/candhala.

Nah penjelasan tentang kasta agama hindu adalah sebagai berikut :

Kasta agama hindu yang pertama yakni kasta brahmana, kasta ini perlambang mulut, di dalam kasta ini adalah seorang pendeta. Mereka dihormati sebagai penasihat raja.

Kasta agama hindu yang kedua yakni Kasta Ksatria, perlambang tangan, yakni kasta ini adalah golongan ningrat atau bangsawan dan prajurit. Golongan ini menjalankan pemerintahan.

Kasta agama hindu yang ketiga yakni Kasta Waisya, perlambang paha, yakni golongan pengusaha, pedagang dan petani. 

Kasta agama hindu yang keempat yakni Kasta Sudra, perlambang kaki, yakni golongan orang-orang dravida dalam masyarakat.

Setiap golongan dalam agama hindu sendiri wajib menempati kastanya masing-masing dan dilarang mengadakan perkawinan antar kasta. Jika terjadi maka akan diturunkan ke kasta yang lebih rendah. Selain kasta-kasta tersebut, kasta dalam agama hindu adalah paria sebuah kasta agama hindu yang berisikan hamba sahaya. Lalu setelah membahas sistem kasta dalam agama hindu, pastinya setiap agama mempunyai kitab bukan? Kitab dalam agama hindu ada banyak. Namun sebutan untuk kitab agama hindu adalah Weda yang artiya pengetahuan. Simak kitab dalam agama hindu di bawah ini :


4 KITAB AGAMA HINDU 

Kitab agama hindu adalah Weda. Nah kitab weda ini mempunyai 4 bagian yang mana penganutnya harus mempelajrinya. Ini dia kitab agama hindu :

1. Kitab Rigweda
2. Kitab Samaweda
3. Kitab Yajurweda
4. Kitab Atharwaweda

Kitab Rigweda : Kitab agama hindu yang mana berisi syair dan pujian terhadap para dewa.
Kitab Samaweda : Kitab agama hindu yang berisi syair dan nyanyian suci dalam upacara.
Kitab Yajurweda : Kitab agama hindu berisi doa-doa pengantar sesaji dalam upacara.
Kitab Atharwaweda : Kitab agama berisi mantra untuk menyembuhkan orang sakit.

Itulah kitab weda yang merupakan kitab-kitab dalam ajaran agama hindu. Agama hindu juga memiliki beberapa kitab selain kitab weda yang mengandung ajaran avatar. Kitab agama hindu yang mengandung ajaran avatar ialah :

1. Kitab Brahmana, kitab yang berisikan penafsiran keagamaan.
2. Kitab Upanishad, kitab yang berisikan pembahasan tentang brahmana.
3. Kitab Mahabharata, kitab yang berisi peperangan kurawa dan pandawa
4. Kitab Bagawad Gita, kitab yang berisi nasihat krisna kepada arjuna.
5. Kitab Ramayana, ditulis oleh Mpu Walmiki yang berisi kisah cinta rama dan shinta.

Itu merupakan kitab-kitab agama hindu yang mengajarkan avatar. Dan beberapa kitab weda yang telah dijelaskan tadi.

Dalam agama hindu juga ada dewa-dewa dalam agama hindu. Dewa-dewa agama hindu banyak lah. Simak di bawah ini tentang dewa-dewa dalam agama hindu.

DEWA-DEWA DALAM AGAMA HINDU

Dewa dalam agama hindu terbagi menjadi beberapa. Dewa dalam agama hindu yang menjadi simbol kekuatan alam. Pertama ini adalah dewa dalam agama hindu yang disebut trimurti. Ini dia dewa trimurti dalam agama hindu :


TRIMURTI AGAMA HINDU

Trimurti agama hindu adalah sebagai berikut, 3 dewa suci dalam agama hindu adalah :

1. Dewa Brahma : Merupakan dewa pencipta
2. Dewa Wisnu : Merupakan dewa pemelihara
3. Dewa Syiwa : Merupakan dewa perusak

Dewa-dewa lainnya dalam agama hindu yakni : Dewa Indra, Dewa Candra, Dewa Pertiwi, Dewa surya, Dewa Bayu, Dewa Baruna, dan Dewa Agni. Itulah dewa-dewa dalam agama hindu. 


TRIMURTI DAN TRISAKTI

Dewa trimurti di India dikembangkan dengan Trisakti yang meliputi. Trimurti agama hindu dan trisakti agama hindu adalah berpasangan. Inilah pasangan para dewa hindu (trimurti) yang berpasangan dewa trisakti.

1. Dewi Saraswati yang merupakan permaisuri dari Brahmana melambangkan dewi kebijaksanaan dan dewi pengetahuan.

2. Dewi Laksmi yang merupakan permaisuri dari Wisnu melambangkan dewi kecantikan dan kebahagiaan.

3. Dewi Parwati yang merupakan permaisuri syiwa melambangkan dewi keberanian dan kegarangan.

http://www.learnsejarah.com/2017/07/lahirnya-agama-hindu-di-indonesia.html
TRISAKTI AGAMA HINDU

Dibawah ini adalah gambar dari para dewa dalam agama hindu :


DEWA BRAHMA DAN DEWI SARASWATI


DEWA WISNU DAN DEWI LAKSMI



DEWA SIWA DAN DEWI PARWATI 




Nah itulah merupakan lahirnya agama hindu di Indonesia. Dengan demikian lahirnya agama hindu di Indonesia membawa pengaruh kasta agama hindu, trimurti agama hindu, kitab agama hindu dan ajaran ajaran agama hindu. Semoga bermanfaat :)

Source : PPT Materi Sejarah Kelas 10 semester 2

Mungkin juga mencari : agama hindu di india, agama hindu di indonesia, agama hindu merupakan sinkretisme budaya, dewa di agama hindu, dewi di agama hindu, kasta di agama hindu, kenapa di agama hindu ada kasta, awal lahirnya agama hindu, jelaskan lahirnya agama hindu
Post a Comment