LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Lahirnya Agama Budha di Indonesia [Bahas Lengkap]

SEJARAH LAHIRNYA AGAMA BUDHA DI INDONESIA


Lahirnya agama budha di Indonesia - Lahirnya agama budha di Indonesia, merupakan lahirnya sebuah agama yang ada di Indonesia lagi. Ini menunjukan bahwa Indonesia itu negara dengan toleransi agama tinggi. Bagaimana sih cerita atau sejarah lahirnya agama budha di Indonesia? Yang pasti agama budha ini lahir dikarenakan manusia yang sedang mencari jalan hidup. Yuk di bawah nanti akan di sampaikan secara detail dan jelas mengenai lahirnya agama budha di Indonesia.

http://www.learnsejarah.com/2017/07/lahirnya-agama-budha-di-indonesia-bahas.html
AGAMA BUDHA DI INDONESIA

Lahirnya agama budha sendiri tidak bisa di pisahkan dengan kisah sidharta gautama. Dalam agama budha orang yang menemukan agama ini adalah sidharta gautama. Jadi tentunya kita akan membahas dulu tentang kisah sidharta gautama dalam lahirnya agama budha di Indonesia.

KISAH SIDHARTA GAUTAMA 

Sidharta Gautama adalah sosok yang sangat melekat pada agama budha. Lalu siapakah sidharta gautama ini? Sidharta Gautama merupakan anak dari seorang raja yang bernama Raja Sudhodana dan ibunya bernama Dewi Klaya. Sidharta Gautama sendiri lahir pada tahun 563 SM di kerajaan kapilawastu di Taman Lumbini. Menginjak usia 16 tahun, Sidharta ini mempunyai istri yang bernama yashodara. Ia mempunyai anak dan hidupnya sangat mewah, tapi itu tidak membahagiakan dirinya sendiri. Lalu ia mencari jalan hidupnya sendiri dan jati dirinya sendiri.

Sidharta gautama bertapa di bawah pohon BODHI (kesadaran/keinsyafan) hal ini dilakukan untuk menemukan jalan hidupnya sendiri, lalu dalam tapanya ia di tuntun untuk menempuh yang dinamakan kelepasan. Dalam mengajarkan paham yang ia peroleh dari bawah pohon itu, pertama kalilah dia mengajarkan pahamnya di Taman Rusa di Benares. Ia mengembara sebagai rahib dan mulai menyebarkan ajarannya. Dan, pada saat ia akan kembali ke tempat kelahirannya, sakitlah ia secara mendadak. Sidharta Gautama sendiri meninggal dalam usia 80 tahun. Tubuhnya di bakar dan abu nya di bagikan kepada raja yang memeluk agamanya.

Dalam semasa hidupnya, inilah beberapa sebutan untuk sidharta gautama : 

1. BUDDHA
2. TATAGHATA
3. JINA
4. SAKYAMUNI
Itulah keempat sebutan untuk sidharta gautama yang sekarang di kenal dengan sebutan Sang Buddha. Lahirnya agama budha di Indonesia di awali dengan kisah sidharta gautama sendiri. Setelah ia meninggal dunia, lalu apa sajakah yang telah diajarkannya kepada penganut agama budha sendiri. Di bawah ini akan di jelaskan mengenai ajaran-ajaran agama budha. 


AJARAN AGAMA BUDHA

Lahirnya agama budha tentulah meninggalkan ajaran ajaran agama yang dapat di turuti. Nah, ajaran agama budha sendiri ada dua ajaran. Yakni ajaran agama budha sebagai berikut :

1. Aryasatyani
Ajaran agama budha yang pertama ialah aryasatyani yang mana ajaran ini mengajarkan kebenaran-kebenaran yang telah ada dalam hidup. Dibagi menjadi 4 kebenaran utama yang biasa di sebut dengan Catur Arya Satya.
- Hidup adalah penderitaan atau samsara
- Penderitaan dikarenakan oleh hati yang tidak ikhlas dan hawa nafsu untuk hidup
- Penderitaan bisa dilenyapkan jika kesenangan dunia itu dihilangkan
- Hawa nafsu untuk mencari kesenangan
Nah dalam catur aryasatya sendiri, dapat dihilangkan dengan 8 cara  yang disebut astamarga/astavidha. 

2. Pratityasamupada
Rantai sebab akibat darii asal usul manusia hingga kematian.

AWAL SEJARAH LAHIRNYA AGAMA BUDHA 

Agama buddha merupakan agama dengan tingkat kedamaian tertinggi pada masa itu. Masuknya agama budha ke indonesia didorong dengan beberapa faktor yang memang Indonesia adalah kawasan yang sangat strategis. Dalam lahirnya agama budha sendiri dapat diterima karena hindu yang pada masa itu adalah menerapkan sistem kasta yang mana kurang di srek oleh masyarakat saat itu. Akhirnya dengan cara kedamaian yang ada dalam agama budha. lahirlah agama budha di Indonesia yang lambat laun melengserkan penganut agama hindu. Nah berikut ini adalah latar belakang lahirnya agama budha di Indonesia : 

1. Kondisi sosial politik dan sosial India
2. Ketidakpuasan terhadap doktrin brahmana

Lahirnya agama budha ke Indonesia sendiri di awali dengan berdirinya kerajaan sriwijaya yang mana peranan dalam agama budha terbesar di Indonesia. Bukti dari catatan I-tsing yang mencatat perkembangan budha disana. 

Kerajaan kerajaan yang tumbuh di Indonesia akibat pengaruh budha juga sangat banyak, contohnya adalah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang dapat kalian baca untuk mengenal lebih jauh tentang budha. Sekian artikel tentang lahirnya agama budha di Indonesia semoga bermanfaat.

Source : sridianti.com

Mungkin kamu juga mencari : agama budha di indonesia berkembang sangat pesat pada masa kerajaan, ajaran agama budha di indonesia, asal usul agama budha di indonesia, awal masuknya agama budha di indonesia, lahirnya agama budha di indonesia, masuknya agama budha di indonesia, masuknya agama budha di indonesia adalah teori, pengaruh agama budha di indonesia, perkembangan agama budha di indonesiasejarah agama budha di indonesia
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lahirnya Agama Budha di Indonesia [Bahas Lengkap]

0 komentar: