Sejarah Badminton Lengkap!

 Sejarah Badminton 


Sejarah Badminton - Jika Anda penggemar olahraga, pastinya Anda akan tahu dengan betul kaitannya dengan sejarah setiap olahraga yang saat ini juga memiliki peminat yang cukup banyak. salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah badminton. Lantas, sebagai penggemar badminton, tahukah Anda terkait dengan sejarah badminton itu sendiri?

Sebelum menginjak masalah seluk beluk asal mula badminton, perlu Anda ketahui bahwa nama badminton pada hakikanya berasal dari nama sebuah gedung yang dalam hal ini adalah Badminton House yang berlokasi di Glodiucester, Inggris. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkat sejarah badminton yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Perkembangan Badminton Di Dunia


Terkait dengan sejarah badminton yang ada di dunia, pada dasarnya diketahui bahwa sejarah salah satu cabang permainan ini sudah ada sejak zaman Mesir Kuno atau sekitar 2000 tahun yang lalu. Namun, di lain sisi ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa sejarah bulu tangkis ini juga berasal dari wilayah India ataupun juga RRC (Republik Rakyat China).

Di lain sisi, sejarah badminton ini juga ada yang mengatakan bahwa nenek moyang permainan tersebut berasal dari Tionghoa yang dalam hal ini merupakan sebuah permainan yang dikenal dengan sebutan Jianzi. Dalam permainan tersebut dikatakan bahwa setiap permainan yang melibatkan penggunaan kok dengan bantuan kaki ini dimainkan tanpa harus menyentuh tanah.

Lain halnya di Inggris yang dalam masa zaman pertengahan, sejarah badminton juga dikenal dengan sebutan permainan battledores atau shuttlecocks. Pada masa itu, banyak anak yang memainkan permainan tersebut dengan menggunakan dayung dengan maksud yang sama demi menjaga kok agar tetap melambung di udara. Cara bermain yang semacam ini sangatlah populer hingga pada tahun 1854, sebuah majalah yang diberi nama Punch meluncurkan suatu kartun terkait dengan permainan tersebut.

Selanjutnya, masih terkait dengan sejarah badminton, bahwa permainan tersebut kemudian diperkenalkan oleh pihak penduduk Inggris kepada beberapa negara di Asia yang mencakup Jepang, Thailand ataupun China. Masuknya permainan bulu tangkis ini menjadikan banyak orang di negara tersebut mencoba memainkannya terutama di kalangan anak-anak.

Terkait dengan sejarah badminton lagi, bahwa pada hakikatnya, olahraga yang kompetitif ini diciptakan oleh seorang tentara Inggris yang ada di Pune, India. Pada abad ke-19 tersebut, permainan ini dimainkan dengan memanfaatkan bantuan jaring/net dengan posisi pemain yang bersampingan. Seiring dengan perkembangan sejarah badminton di kota Pune ini banyak pula yang mengatakan olahraga ini juga dikenal dengan sebutan Poona.

Selanjutnya, dengan semakin populernya olahraga ini, kemudian membuat tentara Inggris untuk berinisiatif dalam membawa kembali permainan tersebut ke wilayahnya yaitu pada tahun 1850-an. Satu decade kemudian, pemain tersebut mendapatkan namanya dengan dicantumkannya pada sebuah pamphlet oleh pihak Isaac Spratt yang dalam hal ini bertuliskan “Badminton Battledore – a new game”. Dalam perkembangannya terkait dengan sejarah badminton, permainan tersebut kemudian juga sempat dimainkan di Gedung Badminton, Inggris.

Masih terkait dengan sejarah badminton, bahwasannya disebutkan untuk peraturan yang kemudian ditetapkan dalam permainan tersebut dirundingkan pada tahun 1877 yang selanjutnya ditulis oleh pihak Klub Badminton Bath. Terkait dengan perkumpulan bandminton di dunia dikatakan bahwa perkumpulan di Inggris dibentuk pada 1893 dengan kejuaraan internasionalnya yang berupa kejuaraan All England pada tahun 1899.

Semenjak sejarah badminton tersebut mencuat, disebutkan bahwa olahraga tersebut kemudian sangatlah populer di kalangan Asia Timur dan beberapa negara di Skandinavia.

Sejarah Badminton


Induk Organisasi


Berkaitan dengan sejarah badminton, disebutkan bahwa induk organisasi badminton yang dalam hal ini adalah International Badminton Federation (IBF) didirikan pada 1934 dengan para anggotanya yang mencakup Denmark, Kanada, Skotlandia, Inggris, Irlandia, Wales, Perancis dan Selandia Baru sebagai pelopor berdirinya IBF.

Sedangkan India itu sendiri bergabung dengan pihaknya pada tahun 1936. Selanjutnya, dikatakan bahwa akan ada perubahan yang dalam hal ini mencakup nama International Badminton Federation tersebut diubah menjadi Badminton World Federation (BWF) dengan persetujuan yang mencakup 206 delegasi.

Di tahun 1992, olahraga badminton ini kemudian dijadikan sebagai bagian dari pertandingan di musim panas tahun 1992. Pada tahun tersebut, dikabarkan bahwa baik itu Korea Selatan dan juga Indonesia berhasil dalam menyabet kejuaraan pertandingan dengan masing-masing mendapatkan medali emas. disebutkan bahwa olahraga yang telah ada sejak bertahun-tahun tersebut baru memasuki ajang olimpiade pada 1992.  


Terkait dengan sejarah badminton, pada hakikatnya merupakan sebuah perjalanan yang sangat panjang, di mana setiap perjalanan tersebut mengisahkan perkembangan olahraga tersebut. dengan kata lain, sejarah badminton ini juga melibatkan beberapa daerah di dunia yang turut serta memajukan olahraga ini dengan segala perkembangannya. Dengan demikian, tidak mengherankan jika olahraga tersebut kemudian sangatlah populer di kalangan masyarakat dunia.


Mungkin yang kamu cari disini : artikel sejarah badminton, cerita sejarah badminton, jelaskan sejarah badminton, makalah sejarah badminton, sejarah adanya badminton, sejarah awal badminton,
Post a Comment