LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Ini Dia Sejarah PMI Yang Perlu Anda Ketahui

SEJARAH PMI


Sejarah PMI (Palang Merah Indonesia)Mendengar nama PMI, pastinya anda akan sangat familiar dengan singkatan Palang Merah Indonesia. sebuah organisasi terbesar di dunia yang bergerak dalam bidang sosial dan juga kemanusiaan. Dalam perjalanannya, anda yang mungkin telah banyak mendengar gerakan tersebut, pernahkan terbesit untuk mengetahui lebih dalam terkait dengan sejarah PMI? Untuk lebih mengenal pergerakan PMI, berikut ini disajikan uraian singkat terkait dengan sejarah PMI yang memang layak untuk diketahui, terlebih lagi jika anda merupakan sosok anggota PMI di kota anda.

SEJARAH PMI

KILAS BALIK SEJARAH ORGANISASI PMI DI INDONESIA


Perlu diketahui bahwa PMI yang notabene merupakan Palang Merah Indonesia ini memiliki semboyan yang dikenal dengan sebutan “Setetes Darah Anda, Nyawa Bagi Sesama”. Organisasi yang didirikan pada tanggal 17 September 1945 tersebut berada di bawah lindungan dari pihak Organisasi Kemanusiaan dengan kantor pusatnya ada di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta, Indonesia. Saat ini, ketua dari organisasi tersebut masih dijabat oleh beliaunya yang dalam hal ini adalah Muhammad Jusuf Kalla.

BACA  JUGA : SEJARAH HMI

Tidak terlepas dari sejarah PMI, pada dasarnya, dalam menjalankan tugasnya, PMI Indonesia ini memiliki tujuh prinsip yang mencangkup kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan serta kesemestaan. Dalam persebarannya di Indonesia, organisasi PMI ini telah berada di 33 provinsi dan sebanyak 408 PMI cabang yang tersebar di tingkat kota/kabupaten.

Dalam pergerakannya menurut sejarah PMI, organisasi PMI tersebut tidak menomersatukan suku, ras, politik ataupun agama, melainkan mengutamakan seseorang yang dalam kondisi tersebut sangatlah membutuhkan pertolongan. Dengan kata lain, orang yang nyawanya terancam akan diprioritaskan terlebih dahulu demi keselamatan jiwanya.

Sejarah PMI


Terkait dengan sejarah PMI, pada hakikatnya sudah ada sejak zaman sebelum perang dunia yang kedua, yaitu pada tanggal 12 Oktober 1873. Pada era tersebut, Indonesia yang saat itu diduduki oleh pihak pemerintahan Belanda kemudian berinisiatif menamai organisasi PMI dengan sebutan Nederlandasche Roode Kruis Afdeeling Indie (NERKAI). Sayangnya, pergerakan yang demikian ini kemudian dibubarkan pada masa pemerintahan Jepang.

Selanjutnya terkait dengan sejarah PMI, usaha untuk merintis pergerakan PMI tersebut kemudian dilakukan kembali pada tahun 1932 yang pada saat itu dipelopori oleh pihak Dr. C. L. Senduk serta Dr. Bahder Djohan yang keduanya merumuskan rancangan pembentukan PMI. Adanya rancangan yang telah dibuat tersebut merupakan tonggak awal munculnya sejarah PMI yang kemudian diajukan pada Sidang Konferensi NERKAI yang diadakan pada tahun 1940. Sayangnya, rancangan tersebut ditolak oleh pihak pimpinan konferensi.

Masih terkait dengan sejarah PMI, meskipun rancangan tersebut ditolak pada saat konferensi, pihak Indonesia rupanya tidak menyerah begitu saja, sehingga rancangan yang telah dibuat disimpan demi mendapatkan waktu yang tepat. Saat Indonesia diduduki oleh pemerintahan Jepang, pihak warga negara Indonesia kemudian berinisiasi membentuk suatu perkumpulan yang dikenal dengan sebutan Badan Palang Merah Indonesia. Lagi-lagi, niatan tersebut mendapatkan penolakan dari pihak pemerintahan Jepang, sehingga untuk kedua kalinya, rencana pembentukan organisasi tersebut dikatakan gagal.

Selanjutnya, masih seputar sejarah PMI, dikatakan bahwa pembentukan kembali PMI di Indonesia dilakukan pada 3 September 1945. Pada tahun tersebut pihak Presiden Soekarno meminta Dr. Boentaran yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan RI Kabinet I untuk membentuk suatu perkumpulan yang kemudian dikenal dengan sebutan badan Palang Merah Indonesia.

Dalam pendiriannya tersebut diketuai oleh Dr. R Mochtar yang kemudian penulisnya adalah Dr. Bahder Djohan dengan tiga anggota lainnya yang mencangkup Dr. Sitanala, Dr. Marzuki dan Dr. Boentaran. Pada akhirnya, di tanggal 17 September 1945, sejarah PMI yang dalam hal ini pembentukan PMI di Indonesia akhirnya diresmikan, sehingga di setiap tanggal tersebut selalu diperingati sebagai hari PMI.

Dalam pergerakannya, menurut sejarah PMI, bahwasannya pada zaman dahulu hingga sekarang ini, peranan PMI ditujukan untuk membantu setiap orang dari sisi sosial kemanusiaan yang dalam hal ini difokuskan pada perihal tugas kepalangmerahan. Hal ini tentunya sesuai dengan apa yang telah disetujui pada setiap konferensi di Jenewa 1949 yang kemudian digratifikasi oleh pihak pemerintahan Indonesia tahun 1958 melalui UU No. 59.
Disebutkan dalam sejarah PMI, bahwa sebagai organisasi nasional yang sah, PMI kini didirikan berdasarkan atas keputusan presiden No. 25 tahun 1950 yang kemudian setiap kegiatannya diperkuat dengan tugas kepalangmerahan yang diatur pada keputusan presiden No. 246 tahun 1963. Tentunya, dengan adanya peraturan pemerintahan yang demikian ini menjadikan organisasi PMI semakin kuat dan tidak lagi ada halangan dalam menjalankan tugasnya. Sejarah PMI mengisahkan permasalahan cikal bakal organisasi kemanusiaan yang dibentuk oleh pihak pemerintahan Indonesia demi membantu sesama untuk menyelamatkan jiwa.

Dalam perkembangannya, terkait dengan sejarah PMI disebutkan bahwa, kegagalan sebanyak dua kali pada zaman pemerintahan Belanda dan Jepang tidak membuat para penggagas organisasi tersebut putus asa, sehingga dengan tekat yang bulat, terbentuklah organisasi PMI yang secara resmi diperingati setiap tanggal 17 September.



Mungkin juga yang anda cari : artikel sejarah palang merah, artikel sejarah pmi, jelaskan sejarah pmi, makalah sejarah pmi, materi sejarah pmi, sejarah adanya pmr, sejarah awal pmi, sejarah berdirinya pmi indonesia,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Dia Sejarah PMI Yang Perlu Anda Ketahui

0 komentar: