Sejarah PMR dan Sejarah Berdirinya PMR (Lengkap)

SEJARAH PMR


Sejarah PMR (Palang Merah Remaja)Dalam istilah kepalangmerahan, dikenal dengan perkumpulan PMR yang dalam hal ini adalah Palang Merah Remaja. Kaitannya akan hal ini, pastinya terdapat sejarah PMR yang sudah selayaknya diketahui oleh banyak orang terutama jika anda ternyata dahulu pernah tergabung dalam ekstra kurikuler PMR yang diadakan di sekolah masing-masing. Terkait akan hal itu, anda sudah selayaknya tahu betul dengan sejarah PMR yang ternyata juga dimulai sejak zaman dahulu. Untuk lebih tahu terkait dengan sejarah PMR, berikut ini kilas balik terbentuknya PMR sekaligus juga seluk beluk kegiatan yang ada di dalamnya.

SEJARAH PMR
SEJARAH PMR
BACA JUGA : Sejarah PMI (Palang Merah Indonesia)


SEJARAH PMR (LATAR BELAKANG TERBENTUKNYA PMR)

Terkait dengan sejarah PMR, pada dasarnya hal ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan sebuah organisasi yang dikenal dengan sebutan Palang Merah Remaja Internasional. Kisah ini bermula pada zaman perang dunia ke satu yaitu pada tahun 1914 hingga 1918. Pada saat itu, perang dunia yang pertama dilakukan oleh pihak Perancis yang melawan pihak Austria.

Dalam hal ini, dikatakan bahwa pada masa peperangan tersebut bantuan yang diberikan untuk mengurus korban perang ternyata sangatlah minim, sehingga muncullah inisiatif pihak pemerintahan dengan melibatkan peranan anak muda yang menurut sejarah PMR terbentuklah Palang Merah Pemuda (PMP). Dalam tugasnya, mereka dimintai bantuan dalam mengumpulkan berbagai pakaian bekas serta tidak ketinggalan juga majalah hingga koran bekas. Dari sebelumnya organisasi yang dinamai sebagai PMP tersebut kemudian berubah menjadi PMR (Palang Merah Remaja). Adanya perbuahan nama tersebut menjadi tonggak utama munculnya sejarah PMR.

Selanjutnya, masih berkutat tentang sejarah PMR, disebutkan bahwa di tahun 1919 tepatnya pada sidang Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional diputuskan bahwa organisasi dari PMR tersebut kemudian tergabung menjadi satu yang dalam hal ini bersama dengan Perhimpunan Palang Merah dan juga Bulan Sabit Merah. Selanjutnya, berangkat dari sini pula, di tahun 1960, sebanyak 145 perhimpunan Palang Merah disebutkan bahwa mereka telah tergabung dengan Pihak Palang Merah Remaja.

Ternyata, sejarah PMR ini juga kemudian memiliki kesinambungan dengan terbentuknya organisasi PMR yang ada di Indonesia di mana hal tersebut diadakan pada saat kongres PMI ke-IV, tepatnya pada tanggal 25-27 Januari 1950. Dalam pembentukannya, PMR di Indonesia pada saat itu dikawaki oleh Ny. Siti Dasimah serta Paramita Abdurrahman. Dengan adanya pembentukan organisasi tersebut, akhirnya di tanggal 1 Maret 1950 secara resmi berdiri organisasi PMR di Indonesia.

Selanjutnya, masih berkaitan dengan sejarah PMR, dikatakan bahwa untuk menyemarakkan terbentuknya organisasi tersebut, sebuah lagu hymne PMI yang saat itu diciptakan oleh Mochtar HS dilantunkan untuk pertama kalinya pada 1976. Dalam lantunan hymne PMI tersebut, ternyata juga dibarengi dengan adanya peresmian PMR yang kedua dan berlokasi di Kudus.

 Sebelumnya, peresmian yang pertama dilakukan di wilayah Bandung, sehingga dengan demikian bisa dikatakan bahwa PMI kudus dianggap sebagai organisasi kepalangmerahan terkemuka yang ada di Indonesia. selanjutnya, sejarah PMR juga merambah di beberapa sekolah yang dalam hal ini didasari atas surat edaran dirjen pendidikan no. 11-052-1974 yang tertanggal pada 22 Juni 1974.

SEJARAH PMR ( Keberlangsungan PMR Di Sekolah )


Sejarah PMR - Seperti yang tersebut di atas, masalah perkembangan organisasi PMR yang ada di sekolah, disebutkan bahwa seluk beluk organisasi kemanusiaan tersebut telah banyak dipelajari oleh siswa-siswa di berbagai jenjang. Tentunya, tanpa mengabaikan sejarah PMR tersebut, dikatakan bahwa dalam pmbelajarannya mereka menjunjung karakteristik PMR yang mencangkup beberapa hal termasuk di dalamnya adalah bersih, sehat, kepemimpinan, peduli, kerja sama, ceria, bersahabat dan kreatif.

Selanjutnya, terkait dengan keanggotaan PMR yang berada di tingkat pendidikan bisa dibagi menjadi tiga golongan yang dalam hal ini mencangkup sebagai berikut.
     1. PMR mula yang dalam hal ini keanggotaannya didominasi oleh siswa yang saat ini duduk di bangku sekolah dasar dengan rentang usia 10-12 tahun. Pada tingkatan ini, mereka akan mendapatkan slayer yang berwarna hijau. 

2. PMR madya yang pada keanggotaan ini diduduki oleh para pelajar yang saat ini sedang duduk di bangku sekolah menengah pertama. Dalam keanggotaan -nya ini didominasi oleh siswa yang berusia 12-15 tahun dengan tanda berupa slayer biru langit.
     3. PMR wira merupakan kelompok kepalangmerahan yang didominasi oleh siswa sekolah menengah atas dengan rentang usia yaitu 15-17 tahun. Untuk keanggotaannya ditandai dengan mereka yang menggunakan slayer berwarna kuning.

Masalah lika-liku sejarah PMR dalam hal ini ternyata sudah ada sejak zaman perang dunia yang pertama di mana permasalahan kekurangan tenaga dalam mengurus korban perang yang minim, sehingga muncullah ide untuk mengajak para pemuda untuk tergabung dalam organisasi kepalangmerahan. Melalui organisasi ini, kemudian muncullah cikal bakal sejarah PMR yang kemudian merambah ke negara Indonesia yang diwujudkan dengan adanya peresmian organisasi kemanusiaan tersebut. dalam perjalanan sejarah PMR tersebut, akhirnya pergerakan itu bisa masuk ke ranah pendidikan yang ditujukan untuk pelajar yang memang menginginkan belajar lebih mendalam terkait dengan seluk beluk PMR.

Semoga dapat memahami mengenai sejarah PMR ya. Thanks :)




Mungkin kamu juga mencarinya dalam artikel ini : artikel sejarah pmr, makalah sejarah pmr
materi sejarah pmr lengkap, sejarah awal pmr, sejarah berdirinya pmr di indonesia, sejarah munculnya pmr, sejarah pembentukan pmr, sejarah perkembangan pmr, sejarah pmr adalah, sejarah pmr dan pmi, sejarah pmr indonesia, sejarah pmr lengkap, sejarah pmr nasional, sejarah pmr singkat dan jelas, sejarah singkat berdirinya pmr
Post a Comment