LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Sejarah Valentine Day (Lengkap)

SEJARAH VALENTINE DAY


Valentine Day14 Februari merupakan hari yang special bagi mereka yang sudah memiliki pasangan, pasalnya banyak orang yang pada tanggal tersebut memiliki rencana untuk merayakan peringatan valentine day dengan berbagai cara termasuk di dalamnya memberikan bunga ataupun coklat kepada seseorang yang dikasihinya.

Tentunya, perayaan tersebut sering kali menimbulkan banyak pro dan kontra dari berbagai kalangan, terutama dari kalangan Umat Muslim yang secara terang-terangan melarang perayaan tersebut karena beberapa alasan yang salah satunya adalah terkait dengan sejarah valentine day yang sangat erat dengan kebudayaan Kristen protestan pada zaman dahulu kala. Bagaimana? Tertarik untuk mengetahui lebih jauh terkait dengan sejarah valentine day? berikut ulasan singkatnya!

SEJARAH VALENTINE DAY


SEJARAH VALENTINE DAY


Pada zaman dahulu, secara umum, Gereja Katolik mengakui adanya tiga orang suci atau yang dikenal dengan sebutan santo dan salah satunya adalah Valentine dan dalam hal ini mereka semua dikatakan sebagai martir atau orang yang bersedia menderita demi mempertahankan suatu hal yang seperti halnya agama ataupun juga kepercayaan.

Sayangnya, dikabarkan bahwa ketiga pria suci tersebut kemudian meninggal pada 200-an Masehi dengan cara yang sangat tragis. Dari sinilah muncul sejarah valentine day yang sampai saat ini banyak dikenang oleh masyarakat dunia non-muslim.

Pada hakikatnya terkait dengan sejarah valentine day, pada zaman dahulu ada suatu larangan yang sangat keras di mana banyak tentara muda dilarang untuk menikah. Larangan tersebut berlaku pada masa pemerintahan Kaisar Romawi Cladius II yang mana tindakan pernikahan tersebut sangatlah berpengaruh pada kekuatan dari setiap tentara yang nantinya ditakutkan akan menjadi melemah pada saat sedang berperang di medan tempur.

Sayangnya, di masa tersebut, mengawali sejarah valentine day ini, seorang uskup yang kemudian dikenal dengan nama uskup Valentine melanggar apa yang telah ditetapkan pada zaman tersebut, sehingga secara diam-diam, pihaknya selalu berusaha untuk mencoba menikahkan setiap pasangan. Sayangnya, hal tersebut tidaklah berlangsung lama hingga akhirnya praktek pernikahan tersebut tercium oleh pihak Kaisar dan akhirnya uskup Valentine tersebut kemudian dihukum mati.


SEJARAH VALENTINE DAY


Sebelum tewas, dalam sejarah valentine day ini disebutkan bahwa uskup valentine yang dikabarkan berasal dari Genoa tersebut dikurung dalam sel tahanan. Di saat itu juga, dirinya kemudian jatuh cinta dengan seorang wanita yang merupakan anak dari orang yang telah menjebloskan dirinya ke penjara pada saat itu. Dalam masa menunggu eksekusi mati oleh pihak pemerintahan, uskup valentine sempat menuliskan surat cinta kepada wanita tersebut dan mengakhirinya dengan ungkapan salam “Dari Valentine-mu”.

Sejarah valentine day kemudian berlanjut dengan adanya peristiwa tragis di mana seorang valentine lain yang dalam hal ini adalah sosok pemuka agama yang hidup pada zaman kekaisaran Romawi dengan senang hati membantu banyak orang yang disiksa pada zaman pemerintahan Claudius II. Pasa saat valentine tersebut dipenjara, dia berhasil membantu seorang gadis buta untuk mendapatkan kembali penglihatannya, sehingga diapun kemudian jatuh cinta dengan dirinya. Dalam hal ini, valentine kemudian dijatuhi hukuman berupa eksekusi pada 14 Februari.

Masih terkait dengan sejarah valentine day, bahwasannya, di tahun yang berbeda setalah dilaksakanannya eksekusi pada valentine terdahulu, kemudian, di zaman yang sama pada masa pemerintahan Claudius II, juga dilakukan eksekusi pada seorang uskup saleh dari wilayah Terni.

Dalam hal ini, dirinya dieksekusi juga pada tanggal 14 Februari, sehingga sangatlah erat kaitannya dengan sejarah valentine day saat ini.  Selanjutnya, terlepas dari cerita tragis terkait dengan sejarah valentine day yang menimpa setiap pemuka agama yang menikahkan pengikutnya, di tahun selanjutnya terbitlah sebuah puisi yang ditulis Geoffrey Chaucer, seorang penyair Inggris yang terkenal sekaligus penulis The Canterburry Tales.

Puisi yang dikarang pada tahun 1382 dengan judul Parliament of Fowls dan ditujukan untuk acara pertunangan Raja Richard II ini dinyatakan bahwa hari valentine pada hakikanya dirayakan pada tanggal 3 Mei bukan 14 Februari. Hal ini dikarenakan oleh adanya kegiatan para burung yang mendapatkan pasangannya.

Perihal terkait dengan sejarah valentine day yang dirayakan pada 3 Mei tersebut bisa saja berkaitan erat dengan adanya kepergian Santo Valentine yang pertama dari Genoa pada 3 Mei. Sayangnya, pada zaman tersebut, orang belum begitu akrab dengan cerita tersebut, sehingga mereka hanya mengetahui cerita valentine yang berasal dari Terni dan juga Roma. Dalam hal ini, keduanya dieksekusi pada 14 Februari, sehingga pada tanggal tersebut sering kali dikaitkan dengan masalah cinta.

Dalam sejarah valentine day ini, pastinya sangat erat dengan tindakan pemberian coklat yang dilakukan oleh muda-mudi. Perlu diketahui bahwa tindakan pemberian coklat ini memiliku unsure sejarah di mana coklat yang dianggap sebagai afrodisiak ini diperkenalkan pertama kali oleh Richard Cadbury pada 1868. Selain itu, tidak ketinggalan pula kartu valentine yang turut mendukung sejarah valentine day ini. dalam hal ini, disebutkan bahwa kartu valentine tertua dibuat oleh Duke Charles of Orleans untuk istrinya yaitu Bonner d’Armagnac.

SEJARAH VALENTINE DAY

Tidak ketinggalan pula pada zaman tersebut juga dilakukan komersialisai valentine dengan representasi mawar merah yang diperkenalkan oleh Charles II dari Swedia pada abad ke-18. Bahkan, ada juga yang mengkaitkan sejarah valentine day dengan sosok cupid atau eros yang merupakan pemuda tampan, atletis serta heroic yang saat ini bertransformasi menjadi bayi mungil sejak zaman seni era Renaisance.


Mungkin yang kamu cari juga : arti dan sejarah valentine day, artikel tentang sejarah valentine day, fakta sejarah valentine day, ringkasan sejarah valentine day, sejarah adanya valentine day, sejarah dan hukum valentine day, sejarah di sebalik valentine day, sejarah lahirnya valentine day, sejarah lengkap valentine day, sejarah singkat tentang valentine day, sejarah terbentuknya valentine day, sejarah valentine day 14 februari, sejarah valentine day di indonesia, sejarah valentine day menurut islam, sejarah valentine day menurut katolik, sejarah valentine day menurut kristen, sejarah valentine days
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Valentine Day (Lengkap)

0 komentar: