Isi Perjanjian Bongaya [Lengkap]

Isi perjanjian Bongaya - Halooo! Taukah kamu apa itu isi perjanjian bongaya? Perjanjian bongaya yakni sebuah perjanjian perdamaian yang ditandatangani oleh Kesultanan Gowa (SUltan Hasanudin) dan Hindia Belanda (Laksamana Cornelis Speelmen) tanggal 18 November 1667. Yang menarik disini dalam perjanjian perdamaian ini adalah deklarasi kesultanan Gowa yang kalah dari VOC dan pembebasan monopoli perdagangan. Isinya perjanjian bongaya sih seperti itu,aneh ya? Padahal Perjanjian perdamaian.

Nah kali ini admin akan membahas mengena isi perjanjian bongaya.



isi perjanjian bongaya
ISI PERJANJIAN BONGAYA


ISI PERJANJIAN BONGAYA


BACA JUGA : ISI TRITURA

Isi perjanjian bongaya Sebenernya dulu itu sebelum terjadinya perjanjian ini Kesultanan Gowa yang di pimpin oleh Sultan Hassanudin sedang berseteru dengan Arung Palaka, Siapa dia? Arung Palaka merupakan raja dari kesultanan Bone. Arung Palaka meminta bantuan terhadap VOC. Lalu Gowa kalah dan akhirnya harus menyerah di hadapan Arung Palaka. Perjanjian bongaya ini terjadi di sebuah desa Bongaya. Maka dari itu nama nya adalah PERJANJIAN BONGAYA.



ISI PERJANJIAN BONGAYA 

LATAR BELAKANG PERJANJIAN BONGAYA

Menjadi pusat perdagangan di Indonesia area Timur pasal Makasar mempunyai letak wilayah strategis, dan merupakan juga menjadi penghubung antara Malaka, Jawa, serta Maluku.Pengaruh Hindu-Buddha di area ini cukup tidak kuat sehingga kebudayaan Islam cukup berkembang dengan pesat di kawasan ini. Sulawesi Selatan mempunyai jiwa dagang yang cukup tinggi, sehingga disini bikin perahu merupakan salah satu kebudayaan berlayar 
Kerajaan Makasar merasakan waktu keemasan ketika Sultan Hasanudin berkuasa yaitu sekitar tahun 1654 sd. 1660. terhadap waktu ini Kerajaan Makasar menguasai jalur perdagangan teruntukkan Indonesia Timur.

Kesuksesan Kerajaan Makasar (Gowa Tallo) tak senantiasa berjalan mulus, persaingan dengan Kerajaan Bone yang lama serta terlibatnya VOC Belanda sehingga berlangsung perang Makasar dari tahun 1660 sd. 1669. Maluku merupakan asal pati utama VOC Belanda yang segan dibawah standar Somba Opu, namun ketergiuran VOC Belanda tersebutkan dari itu Belanda ingin merebut kota niaga Somba Opu.

Disinilah terjadilah peperangan terjadi lama dengan Kerajaan Gowa Tallo (Makasar), buat mengakhiri peperangan VOC Belanda melaksanakan politik adu-domba Kerajaan Gowa Tallo dengan kerajaan Bone.


Pada akhir tahun 1667 akhirnya Kerajaan Makassar menyerah serta Sultan Hasanuddin dipaksa buat menandatangani Perjanjian Bongaya, yang isinya amat merugikan Makasar.





BACA JUGA : Isi TRIKORA Lengkap
BACA JUGA : Isi Tritura Lengkap



ISI PERJANJIAN BONGAYA

Isi Perjanjian Bongaya adalah :

  1. Perjanjian yang ditandatangani oleh Karaeng Poppa, duet pemerintah di   Makassar dan Gubernur-Jendral  serta Dewan Hindia di  Batavia pada tanggal   19 Agustus 1660  dan antara pemerintahan Makassar dan Jacob Cau sebagai Komisioner Kompeni pada tanggal 2 Desember 1660 harus diberlakukan
  2. Makassar harus membiayai bayar perang dengan hasil bumi terhadap VOC.
  3. Aru Palaka dikukuhkan sebagai Raja Bone.
  4. VOC menguasai perdagangan monopoli di area Sulawesi
  5. Makassar harus melepaskan seluruh benteng-bentengnya.
Isi perjanjian bongaya - Perjanjian perdamaian ini sangat merugikan rakyat Indonesia dan memecah belah Makassar pada waktu itu. Jangan mau di adu doma bangsa asing. Berdikari lebih bermartabat dan lebih menyenangkan. Selamat malam :)


ISI PERJANJIAN BONGAYA


Isi perjanjian bongaya Perjanjian tersebut amat merugikan rakyat Indonesia, terlebih di Makasar serta politik adu domba Belanda pada Sultan Hasanudin serta Aru Palaka sudah merusak persatuan rakyat di Makasar.

Dari sini kita dapat memetik pelajaran, sebagai sesorang pemimpin kita sesegera mungkin memiliki visi yang luas kedepan serta tak gampang di sebabkan oleh orang asing buat berperang / berselisih dengan saudara sendiri Perjanjian Bongaya ini ialah sesuatu saksi bisu dimana kita di adu domba oleh bangsa asing


Nah itulah merupakan artikel mengenai isi perjanjian bongaya semoga bermanfaat ya :)


Sumber : http://buihkata.blogspot.co.id/2012/11/isi-perjanjian-bongaya.html
                https://id.wikipedia.org/wiki/Perjanjian_Bungaya

Yang mungkin tengah kamu cari di artikel ini : apa isi perjanjian bongaya, empat isi perjanjian bongaya, isi perjanjian bongaya adalah, isi perjanjian bongaya dan maknanya

isi perjanjian bongaya dan pengaruhnya bagi kerajaan makassar, isi perjanjian bongaya di sulawesi, isi perjanjian bongaya lengkap, isi perjanjian bongaya secara singkat, isi perjanjian bongaya tanggal 18 november 1667, jelaskan isi perjanjian bongaya, sebutkan empat isi perjanjian bongaya

Post a Comment