Sejarah Tenis Meja Lengkap di Indonesia dan Dunia

SEJARAH TENIS MEJA

Pengertian Tenis Meja sebenarnya apa sih tenis meja itu? Bahkan khalayak ramai memperbincangkan tenis meja yang merupakan olahraga dengan menggunakan raket dan bola sebagai alat permainanya. Berikut akan di bahas mengenai sejarah tenis meja yang secara lengkap beserta gambar dan ukurannya. Permainan tenis meja sebenernya juga sangat digemari oleh masyarakat, karena permainan tenis meja ini sangatlah menarik. Simak berikut mengenai sejarah tenis meja lengkap di Indonesia dan dunia.


SEJARAH TENIS MEJA LENGKAP

Secara lengkap, sejarah tenis meja secara singkat adalah permainan yang mana dimainkan di area gedung atau sejenisnyaoleh dua orang pemain atau empat pemain dengan cara menggunakan raket yang di lapisi karet untuk memukul bola celluloid dengan cara melewati jaring di sektor tengah. Permainan ini secara harafiah dikenal dengan sebutan 'Ping-Pong' sifatnya yoi dan rekreatif untuk para pemainnya.

Sejarah tenis meja sendiri pertama kali atau awal mula berasal dari benua Eropa pada saat abad pertengahan yang mana di plot sebagai kombinasi daripada permainan tenis kuno, lawan tenis serta badminton (bulu tangkis). Populernya permainan ini adlah di negara Inggris pada pertengahan abad ke-19 dengan beberapa nama yang awam juga seperti 'whiff-whaff' , 'gossima' dan lain sebagainya. Dr. George Lehman yang berasal dari Jerman secara langsung memfasilitasi dengan cara menjadikan wadah dunia  pada tanggal 15 Januari 1926. 



SEJARAH TENIS MEJA DI INDONESIA


Permainan tenis meja di Indonesia baru dikenal mulai tahun 1930 yang mana dalam sejarah singkatnya masa itu dilakukan di balai-balai pertemuan orang Belanda yang dilaksanakan permainan tenis meja ini sebagai suatu permainan rekreasi. Sebenernya hanya golongan tertentu saja dari golongan pribumi yang dibolehkan mengikuti training, antara lain yakni keluarga pamong yang menjadi anggota balai pertemuan tersebut.

Dahulu permainan tenis meja sejarahnya ini adalah sebelum perang dunia ke 2 pecah, pada tahun 1939 tepatnya, tokoh pertenismejaan mendirikan PPPSI. Dalam kongresnya tahun 1958 di kota Surakarta diubahlah nama nya menjadi PTMSI. PTMSI sendiri menjadi anggota federasi tenis meja Asia, yaitu TFFA ( Table Tennis Federation Asia) pada tahun 1960-an. 

Secara signifikan memang pesatnya kemajuan tenis meja di Indonesia dapat dilihat dari berbagai perkumpulan tenis meja yang berdiri atau di dirikan. Serta banyaknya pertandingan tenis meja yang dilakukan pada saat PORDA, PON, POMDA, POSENI dari berbagai tingkatan serta seluruh pertandingan yang di selenggarakan oleh perkumpulan-perkumpulan tenis meja, instansi pemerintah atau swasta atau karang taruna dll.

Negara Indonesia sendiri selalu di undang dalam perhelatan kejuaraan dunia resmi setelah Indonesia terdaftar sebagai anggota ITTF pada tahun 1961. Selain kegiatan yang dilakukan dalam pertandingan tersebut, hal lain yang patut di catat dalam perkembangan pertenis mejaan nasional adlaah berdirinya SILATAMA yang dimulai pada tahun 1983 dan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali serta Silatarunayang dilaksanakan 1986 setiap  6 bulan sekali.

Adapun itu yang dapat admin sampaikan mengenai sejarah permainan tenis meja baik di Indonesia maupun di Dunia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan See ya dalam artikel admin selanjutnya. 
Post a Comment