LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

5 Perbedaan Teks Proklamasi Asli (Autentik) dan Ketikan

Perbedaan Teks Proklamasi Asli (Autentik) dan Ketikan

Teks Proklamasi, mungkin dari kita sudah tahu lah mengenai teks bersejarah ini yang meloloskan Indonesia dari jurang penjajahan. Teks Proklamasi ini sendiri merupakan kajian oleh Ir. Soekarno, Moh Hatta dan Achmad Soebardjo. Uniknya mereka membuat dan merencanakan teks proklamasi kemerdekaan di rumah Laksamana Maeda. Kala itu, tepat sekali berada di ruang makan. Awalnya, teks proklamasi ini di tulis tangan oleh Ir. Soekarno yang mempunyai jabatan sebagai ketua PPKI pada masa itu. Nah, setelah di tulis tangan di buanglah ke tong sampah, namun di selamatkan oleh B.M diah sebagai saksi pembuatan teks proklamasi. Teks Proklamasi sendiri diketik oleh Sayuti Melik, sebagaimana judul artikel ini, saya sebutkan tentang Perbedaan Teks Proklamasi Asli (Autentik) dan Ketikan di bawah ini : 

http://www.learnsejarah.com/2017/03/perbedaan-teks-proklamasi-asli-autentik.html

http://www.learnsejarah.com/2017/03/perbedaan-teks-proklamasi-asli-autentik.html

Perbedaan Teks Proklamasi Asli (Autentik) dan Ketikan :

  1. Kata Proklamasi diubah menjadi “ P R O K L A M A S I”
  2. Kata “Hal2” diubah menjadi “Hal-hal”
  3. Kata “tempoh” diubah menjadi “tempo”
  4. Kata “Djakarta, 17-8-‘05” diubah menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 9 tahoen’05”
  5. Kata “Wakil2 bangsa indonesia” menjadi “Atas nama bangsa Indonesia”
Nah, itu merupakan beberapa perbedaan naskah proklamasi yang dapat saya sampaikan, semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Berikut yang saya sampaikan merupakan bagian dari perbedaan antara naskah asli yang ditulis oleh Ir. Soekarno dan naskah ketikan yang di ketik oleh Sayuti Melik.
Yang mungkin terkait dengan artikel ini dalam search engine mu adalah perbedaan teks proklamasi asli dan ketikan, perbedaan teks proklamasi tulis tangan dan ketikan, perbedaan teks proklamasi otentik dan klad, perbedaan teks proklamasi lama dan baru, perbedaan teks proklamasi sebelum dan sesudah diketik, perbedaan teks proklamasi otentik dan asli, perbedaan teks proklamasi ditulis dan diketik, perbedaan teks proklamasi yang klad dan yang otentik, apa perbedaan teks proklamasi yang ditulis tangan dengan yang diketik, apa perbedaan teks proklamasi konsep dengan teks proklamasi yang autentik, apa perbedaan antara teks proklamasi konsep dengan teks proklamasi yang otentik, perbedaan naskah proklamasi baru dan otentik, perbedaan teks proklamasi ir.soekarno dan sayuti melik, perbedaan naskah proklamasi tulisan ir.soekarno dan kajian sayuti melik, perbedaan teks proklamasi ketikan dan tulisan tangan, lima perbedaan teks proklamasi, perbedaan teks proklamasi sayuti melik dan ir soekarno, mengidentifikasi perbedaan naskah teks proklamasi yang berupa konsep dan yang autentik, perbedaan naskah proklamasi otentik dengan tulisan tangan, 5 perbedaan teks proklamasi konsep dan otentik.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Perbedaan Teks Proklamasi Asli (Autentik) dan Ketikan

0 komentar: