LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Teori Masuknya Islam ke Indonesia


Teori Masuknya Islam ke Indonesia -  Teori masuknya agama islam merupakan beberapa pendapat ahli sejarah tentang agama islam. Agama islam merupakan agama yang masuk ke Indonesia pada akhir kejayaan agama-agama seperti Hindu dan Budha. Tidak heran jika, pengaruh agama islam di Indonesia sangat cepat dan berkaitan tentang masuknya agama islam ke Indonesia secara tepat. Agama islam sendiri masuk ke Indonesia melalui jalur-jalur pesisir pantai di pulau Sumatera. Hal yang mendukung perkembangan dan masuknya agama islam ke Indonesia sendiri di dukung oleh para pedagang dari Persia, Gujarat (India) dan para pedagang lain yang mempererat hubungan dengan menyebarkan pengaruh islam yang besar dan menyongsong masuknya agama islam ke indonesia.


TEORI MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA

Dengan gerakan para pedagang yang giat menyebarkan agama islam sendiri, mempermudah masyarakat Indonesia menerimanya dengan amat terbuka. Ini berpengaruh juga sebanding dengan mudahnya islam masuk ke Indonesia kala itu. Sejarah masuknya agama islam  beserta tentang teori masuknya islam ke Indonesia ini bersejajar posisi nya. Untuk mengenal lebih jelas dalam teori masuknya islam ke Indonesia sendiri dibagi menjadi 3 teori. Ahli sejarah menyebutkan bahwa teori masuknya islam ke Indonesia yaitu Teori Makkah, Teori Gujarat dan Teori Persia. Lebih jelasnya mengenai teori masuknya islam kita simak di bawah ini :


3 Teori masuknya islam ke Indonesia yang paling benar memang dikaitkan dengan point berikut yakni bisa di simak oleh kita :


3 Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

1. TEORI MAKKAH

Teori Makkah atau Teori Arab merupakan salah satu teori masuknya agama islam ke Indonesia yang diyakini sebagai teori yang berasal dari Arab sebagai sanggahan bahwasanya sanggahan ini menyanggah teori Gujarat yang sebelumnya telah di kemukakan oleh pendapat lain. Teori ini berpendapat masuknya islam ke Indonesia adalah pada abad ke 7 Masehi dengan di tandai adanya bukti Perkampungan Islam di Sumatera Barat yang di sebut sebagai Wilayah Ta-Shih. 

Dasar-dasar teori ini meliputi : 
  • Dalam dokumen China oleh Chu Fan Chi masuknya islam ke Indonesia sendiri tahun sekitar 625 Masehi, waktu ini setelah 9 tahun Rasulullah SAW menyebarkan agama islam secara terbuka.
  • Adanya makam Syekh Rukunuddin yang wafat pada tahun 672 Masehi. Para ahli arkeologi berpendapat sekitar abad 9 - 12 Masehi, Barus menjadi salah satu perkampungan dari berbagai suku yang mendatangkan atau mempengaruhi masuknya islam ke Indonesia.
  • Berdirinya kerajaan Samudera Pasai, yakni kerajaan pertama Islam di Indonesia. Dan didukung oleh anutan dari kerajaan ini adalah Mazhab Syafi'i yang berasal dari Makkah dan Mesir, jika dari Gujarat/India adalah Mazhab Hanafi.

2. TEORI PERSIA

Teori Persia merupakan teori masuknya islam ke Indonesia yang digagas oleh Hossein Djajadiningrat . Teori ini berpendapat bahwa masuknya islam ke Indonesia ini di landasi oleh para pedagang dari Persia (Iran) yang diyakini membawa agama islam ke Indonesia pada abad ke 12 Masehi. Teori ini sangat menyongsong masuknya islam ke Indonesia dengan latar belakang banyaknya persamaan antara budaya Iran dengan Indonesia. 

Berikut adalah persamaan antara budaya-budaya Iran dengan Indonesia :
  • Syekh Siti Jennar dari Indonesia mengenyam ajaran Syufi yang sama dengan Al-Hallaj yang berasal dari Iran.
  • Ditemukannya makam Maulana Malik Ibrahim atau disebut Sunan Gresik pada tahun 1419 di Gresik.
  • Adanya perkampungan leren di daerah Giri/Gresik.
  • Peringatan hari Assyura 10 Muharram sebagai peringatan meninggalnya Cucu Nabi Muhammad SAW.

3. TEORI GUJARAT

Teori ini merupakan teori masuknya islam ke Indonesia yang bisa dibilang agak bertentangan dengan teori sebelumnya. Di kemukakan pertama kali oleh Snouck Hourgronje dan J.Pinappel . Dalam teori ini disebutkan tentang masuknya islam ke Indonesia pertama kali adalah dari Gujarat, India dan dimulai sejak abad ke 8 Masehi. Islam masuk ke Indonesia melalui anak benua seperti Gujarat, Bengali dan Malabar. Yang mana telah diketahui Indonesia-Cambay merupakan suatu jalinan hubungan perdagangan. 

Bukti yang mendukung teori ini masuk islam ke Indonesia berasal dari Gujarat ialah mengenai tentang batu nisan Sultan Malik as-Saleh yang ditemukan tahun 1297 yang bercorak Gujarat. Untuk hal lain, teori ini juga di dukung oleh bukti bahwa ajaran islam lebih condong ke tasawuf. Ajaran ini di peroleh dari India Selatan sama sperti awal perkembangan islam pertama di Indonesia. Dengan teori masuknya islam ke Indonesia sendiri menyatkan bahwa banyak bukti yang berkaitan tentang islam di Indonesia. 


Dasar teori Gujarat tentang masuknya islam ke Indonesia seperti :
  • Hubungan dagang Indo-India telah lama berakhir.
  • Kurangnya fakta penyebaran islam masuk ke Indonesia dari Arab sendiri.

Nah, tentang teori-teori di atas balik lagi tentang sejarah memang banyak yang berpendapat. Teori masuknya islam ke Indonesia ini merupakan hal penting tentunya. Demikian merupakan teori masuknya islam ke Indonesia, dengan ini kita mengetahui tentang masuknya islam ke Indonesia oleh para ahli sejarawan. Semoga bermanfaat.


Artikel yang terkait dan mungkin kamu cari :

  • teori masuknya islam ke indonesia singkat
  • teori masuknya islam ke indonesia abad 7 11 13
  • teori masuknya islam ke indonesia abad ke 13
  • teori masuknya islam ke indonesia dari arab
  • teori masuknya islam ke indonesia dan tokohnya
  • teori masuknya islam ke indonesia beserta buktinya
  • 3 teori masuknya islam ke indonesia beserta buktinya
  • jelaskan empat teori tentang masuknya islam ke indonesia
  • teori masuknya islam ke indonesia jelaskan pendapatmu
  • teori tentang masuknya islam ke indonesia jelaskan 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teori Masuknya Islam ke Indonesia

0 komentar: