LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Sejarah Perang Dunia II

SEJARAH PERANG DUNIA II


Sejarah Perang Dunia II Perang Dunia II tak lain adalah lanjutan dari Perang Dunia Pertama. Perang besar yang satu ini memberikan dampak kerusakan yang sangat dahsyat baik bagi Negara-negara yang terlibat di dalamnya maupun bagi Negara-negara lainnya. Perang Dunia II sendiri dimulai pada tahun 1939, tepatnya tanggal 1 September. Ada juga yang berpendapat bahwa perang ini sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1937 tepatnya saat Jepang telah berhasil menguasai wilayah Manchuria. Sebenarnya telah disepakati adanya upaya perdamaian yang dicetuskan oleh Negara-negara anggota LBB (Liga Bangsa-Bangsa) saat Perang Dunia I sedang berlangsung. Tujuannya yaitu untuk mencegah penderitaan rakyat Negara-negara yang terlibat perang.

Negara-negara aliansi yang tak lain adalah produk Perang Dunia I mencurigai kegiatan-kegiatan militer yang dijalankan oleh Negara-negara oposisi. Itali dan Jerman yang menganut paham ultranasionalisme menaruh kecurigaan terhadap Uni Soviet. Kecurigaan ini yang kemudian mematahkan keyakinan perdamaian yang dibentuk oleh LBB. Karena inilah kemudian timbul persaingan-persaingan serta pertahanan diri dengan cara membentuk kekuatan militer. Persaingan kekuatan militer ini kemudian melahirkan berbagai persenjataan baru yang didukung dengan teknologi canggih dan mutakhir. Salah satu contohnya adalah senjata pemusnah massal yang saat itu sudah dimiliki oleh beberapa Negara besar, termasuk Amerika Serikat dan Uni Soviet. Inilah yang disebut dengan Evolusi Perang dengan korban perang yang jauh lebih dahsyat bila dibandingkan dengan Perang Dunia Pertama.

http://www.learnsejarah.com/2017/02/sejarah-perang-dunia-ii.html


Sebab-Sebab Umum Perang Dunia II


Terdapat beberapa sebab umum meletusnya Perang Dunia II, dan berikut sebab-sebabnya :
  1. Adanya 3 paham besar yang saat itu berkembang pesat di dunia, yaitu Demokrasi yang dianut oleh Sekutu (Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis), Fasis (Itali dan Jerman), dan Komunis (Uni Soviet).
  2. Politik balas dendam (Revanche Idea) yang dilancarkan oleh negara yang kalah Perang Dunia I. Politik balas dendam ini muncul akibat adanya rasa malu dan terhina yang dirasakan oleh pemerintah Jerman atas keputusan yang diambil berdasarkan Perjanjian Versailles yang mana isi dari perjanjian ini mengharuskan Jerman tunduk dengan Sekutu dan Perancis.
  3. Politik ekspansi Jerman dengan mengusung semboyan ‘Lebensraum’ yang artinya Jerman Raya dan Itali dengan semboyan Italia Iradenta/Italia Raya, serta Jepang dengan semboyan Hakko Ichi-u. Terlebih lagi Italia dan Jerman sepakat untuk menjadi sekutu yang ditandai dengan jalinan persahabatan antara Adolf Hitler dan Benito Mussolini.
  4. Munculnya Jepang sebagai satu-satunya Negara Asia yang memiliki kekuatan militer dan persenjataan yang mampu menyaingi kekuatan Negara-negara besar, terutama Amerika Serikat dan sekutunya. Jepang juga terlihat sangat ambisius untuk menjadi penjajah.

Berbagai Serangan selama Perang Dunia II



http://www.learnsejarah.com/2017/02/sejarah-perang-dunia-ii.html

Selama Perang Dunia II, telah terjadi banyak serangan dahsyat yang melibatkan Negara-negara besar, dan berikut ulasannya :
  1. Terjadinya perang-perang di kawasan Eropa yang melibatkan Negara-negara besar seperti Jerman dan Italia, Jerman, dan Uni Soviet, serta Sekutu. Sebut saja perang antara Jerman melawan Inggris dan Perancis (3 September 1939), Italia melawan Inggris dan Perancis (Juni 1940), Jerman melawan Uni Soviet (Agustus 1942-1943), dan perang yang melibatkan Jepang dan Amerika Serikat yang diawali dengan penyerbuan Pangkalan Armada AL milik Amerika Serikat di Pearl Harbor oleh tentara Jepang tanggal 8 Desember 1941. Pearl Harbor sendiri merupakan pusat armada angkatan laut milik AS yang diklaim sebagai pangkalan AL terbesar di Asia Pasifik. Dari peristiwa ini, AS menyatakan perang melawan Jepang.
  2. Serangan Jepang terhadap beberapa titik penting milik Negara-negara sekutu AS yang berada di Negara-negara lain, seperti pangkalan udara milik AS di Philipina, koloni-koloni Negara Inggris di Hongkong, Malaya, Borneo, dan wilayah-wilayah lain di Asia. Jepang juga berhasil menguasai wilayah-wilayah jajahan Hindia Belanda, termasuk Indonesia. Hebatnya lagi, Jepang menjadi Negara asia terkuat di kawasan Asia yang mana Jepang berhasil menguasai Asia Timur dan Asia Tenggara.
  3. Puncaknya, Amerika Serikat dan sekutu menjatuhkan Enola Gay, sebuah bom atom, di Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945. Hanya dalam sekejap, Kota Hiroshima pora-porandakan. Beberapa hari kemudian, bom atom kedua dijatuhkan di Kota Nagasaki. Serangan bom atom dari AS inilah yang membuat Jepang menyerah kepada Sekutu.
Nah, untuk perang dunia II tersebut dapat kita pahami bahwa poros dari blok-blok atau memang peristiwa-peristiwa yang terjadi selama itu patut kita pahami. Sejarah perang dunia II sendiri merupakan momentum yang tidak bisa dihilangkan dari benak kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mungkin yang anda cari pada artikel ini adalah : artikel sejarah perang dunia 2, fakta sejarah perang dunia 2, makalah sejarah perang dunia 2, sejarah perang dunia 2, sejarah perang dunia 2 lengkap, sejarah perang dunia 2 singkat, sejarah perang dunia dua, sejarah perang dunia ii di indonesia, jelaskan sebab umum perang dunia dua, serangan apa saja dalam perang dunia 2
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Perang Dunia II

0 komentar: