LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengaruh Peradaban Dunia Lembah Sungai Nil Terhadap Peradaban Di Indonesia

Pengaruh Peradaban Dunia Lembah Sungai Nil Terhadap Peradaban Di Indonesia - Terbentuknya bumi pada ribua juta tahun yang lalu dan dengan diikutinya kemunculan manusia pertama di bumi pada zaman Plestosen menjadikan sebuah peradaban kuno muncul di antara kehidupan tersebut. Salah satu peradaban paling kuno yang berkembang di daerah benua Afrika adalah peradaban lembah sungai Nil yang terletak di daerah Mesir. Awal munculnya peradaban ini disebabkan karena lembah di sekitar daerah sungai Nil sangat subur sebagai akibat adanya banjir lumpur yang melanda. Dari sinilah yang memicu masyarakat kuno yang tinggal di sekitar sungai Nil untuk membangun suatu kehidupan berikut peradabannya. 

Peradaban lembah sungai Nil yang merupakan peradaban Mesir kuno ini sangat erat kaitannya dengan keberadaan berbagai bangunan kuno yang termasuk peninggalan sejarah seperti Spinx, Pyramid maupun Obelisk. Pada zaman peradaban lembah sungai Nil, sungai Nil menjadisungai terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 64000 km. Poros aliran yang sangat panjang ini begitu penting karena fungsinya sebagai jalur perdagangan serta jalur penghubung antara Laut Tengah dan daerah pedalaman. 

Pengaruh Peradaban Dunia Lembah Sungai Nil Terhadap Peradaban Di Indonesia

Berlangsungnya peradaban lembah sungai Nil ini memberikan sumbangan besar terhadap dunia pengetahuan dan teknologi yang mana pada zaman itu, bangsa mesir kuno sangat terkenal akan kebudayaan serta teknologinya pada masa itu. Hal ini dapat dibuktikan dengan munculnya berbagai bangunan raksasa seperti Spinx, Pyramid serta Obelisk. Selain itu, pada masa peradaban lembah sungai Nil ini, penduduk sekitar sudah mampu untuk menciptakan berbagai peralatan rumah tangga, senjata serta peralatan hidup lainnya yang terbuat dari logam ataupun tanah liat. 

Pada masa ini sistem sudah sangat canggih, sistim kalender yang membagi satu tahun terdiri dari 12 bulan dan satu bulan menjadi 30 hari serta berbagai sistem kalender lainnya. Di samping itu, pada masa peradaban lembah sungai Nil juga memunculkan adanya perhiasan yang terbuat dari logam mulia maupun gading. Bahkan, masyarakat mesir kuno juga mampu menciptakan tulisan yang disebut tulisan Hieroglyph sebagai tulisan yang digunakan untuk urusan keduniawian seperti jual beli. 

Sedangkan dari sisi kepercayaan, masyarakat mesir kono yang hidup pada masa peradaban lembah sungai Nil ini juga melakukan pemujaan terhadap beberapa dewa seperti dewa Osiris, dewI Isis dan beberapa dewa ataupun dewi kepercayaan mereka. Berkembangnya peradaban pada masa mesir kuno ini sangatlah unik dan telah memberikan sumbangsih terhadap peradaban Indonesia.

Jika dilihat keterkaitan antara peradaban lembah sungai Nil dengan peradaban di Indonesia, maka akan terlihat beberapa kesamaan dalam berbagai hal. Sebagai misal adanya perintah dari Firaun yang merupakan penguasa pada saat itu untuk memberlakukan sistem pembayaran pajak bagi masyarakat ternyata juga dipraktikkan oleh beberapa penguasa pada zaman penjajahan untuk meminta masyarakat membayar pajak dengan meyerahkan sebagian hasil bumi mereka. 

Selain itu, peradaban lembah sungai Nil yang masyarkatnya juga memuja berbagai dewa juga membawa dampak terhadap munculnya berbagai kepercayaan di Indonesia pada zaman dahulu. Dalam bidang perdagangan, pada masa peradaban lembah sungai Nil, dalam melakukan transaksi jual beli, masyarakat menggunakan sistem tukar menukar barang yang mana hal ini juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada zaman dahulu. 

Itulah beberapa contoh pengaruh peradaban lembah sungai Nil terhadap peradaban Indonesia pada zaman dahulu.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengaruh Peradaban Dunia Lembah Sungai Nil Terhadap Peradaban Di Indonesia