SEJARAH MASUKNYA AGAMA ISLAM DI INDONESIA SECARA LENGKAP

SEJARAH MASUKNYA AGAMA ISLAM DI INDONESIA 


Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia serta Perkembangan dan Penyebarannya - Agama Islam merupakan agama panutan yang mayoritas ada di Indonesia. Di negara Indonesia sendiri dalam konteks agama islam, memang amat banyak umatnya sekitar 85,2 % dari total penduduk negara Indonesia sendiri. Nah, di dalam masuknya agama islam di indonesia sendiri beserta perkembangan dan penyebarannya tidak dipungkiri memang dari sejarah yang cukup panjang. Lantas, bagaimana sih perkembangan dan masuknya agama islam sendiri di Indonesia? Akan kita bahas berikut ini tentang Sejarah masuknya agama islam di Indonesia


BACA JUGA : Teori Masuknya Islam ke Indonesia

BACA JUGA : Kerajaan - Kerajaan Islam di Indonesia


SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA


Dalam konteks sejarah mengenai sejarah masuknya islam ke indonesia terdapat beberapa teori yang menyatakan sebenernya tepat agama islam masuk ke indonesia. Pernyataan berikut merupakan hal yang bukan di ada-ada namun memiliki bukti sejarah masuknya agama islam di indonesia. Perlu diketahui bahwa argumen juga di dukung oleh catatan bersejarah yang menyongsong bukti agama islam masuk ke indonesia perkembangan beserta penyebarannya.


http://www.learnsejarah.com/2017/02/sejarah-masuknya-agama-islam-di.html

1. Masuknya Islam ke Indonesia sejak Abad ke 7 Masehi

Beberapa ahli sejarah menyebutkan sejarah masuknya islam ke indonesia telah dimulai pada abad ke 7 Masehi lalu. Pendapat ini dikemukakan oleh ahli berdasarkan para pedagang arab yang berdatangan melalui perdagangan. Ini dikaitkan dengan argumen bahwa sejarah masuknya islam ke indonesia telah terjadi pada saat kerajaan Sriwijaya tepat pada abad ke 7 masehi.

Disebutkan oleh para ahli bahwasanya wilayah yang dijamah oleh para pedagang arab untuk menyebarkan agama islam ke indonesia adalah wilayah Pulau Sumatera pada bagian Samudera Pasai. Dari situ dimulailah melalui selat malaka lalu mendarat tepat di area pulau jawa dalam penyebaran agama islam. 

Diyakini oleh para ahli sejarawan agama islam masuk ke indonesia dalam ini sudah menyebar ke Pulau Jawa pada saat itu juga. Hal ini didasarkan berita China yang dikemukakan oleh Dinasti Tang. Di dalam berita itu menyatakan bahwa orang-orang ta'shih (Arab dan Persia) yang mengurungkan niat untuk menyerang kerajaan kalingga pada saat pemerintahan Ratu Sima.



2. Masuknya Islam ke Indonesia sejak Abad ke 11 Masehi

Untuk ahli sejarah lainnya mengatakan bahwa sejarah masuknya islam ke indonesia  dimulai sejak abad ke 11 masehi. Pendapat yang ini di dasarkan pada bukti adanya sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun yang berlokasi di Gresik Jawa Timur. Batu ini berangka tahun 1802 Masehi.

3. Masuknya Islam ke Indonesia sejak Abad ke 13 Masehi

Di samping beberapa pendapat diatas, ada yang mngungkapkan bahwa sejarah masuknya islam ke indonesia baru saja di mulai pada abad ke 13 Masehi. Bukti yang kuat menyatakan bahwa runtuhnya Dinasti Abbasiah di Bagdhad (1258), berita dari Marcopolo tahun 1292, batu nisan kubur Sultan Malik As-Saleh tahun 1297, dan berita oleh Ibnu Batuta tahun 1345. Pendapat ini diperkuat oleh adanya ajaran tasawuf di Indonesia.


SEJARAH PENYEBARAN ISLAM DI INDONESIA


Sejarah masuknya islam di Indonesia, di landasi oleh peran para pedagang Arab yang mana melakukan penyebaran agama islam di Indonesia. Awal masuknya agama islam di Indonesia pada abad ke 7 Masehi, namun di masa ini belum banyak yang menganut dikarenakan masih terpengaruh oleh Kekuasaan agama Hindu-Buddha di Indonesia.


Masa yang lama memang mewarnai sejarah masuknya islam di Indonesia dan penyebaran agama islam di Indonesia. Berlangsur kisaran waktu abad ke 7 sampai 13 Masehi. Keintensifan mulai terlihat kala itu oleh para pedagang Arab, Persia,dan Gujarat ke tempat yang mereka kunjungi pertama saat berada di Indonesia. Dalam pusat perdagangan terjadi penyebaran yang juga di bantu oleh para Mubaligh Indonesia agar semua warga dapat menganut ajaran-ajaran agama Islam tersebut. Nah, oleh sebab itu di area pantai pusat perdagangan mulailah penyebaran islam di Indonesia terjadi dan banyak pengikutnya.


Kerajaan Sriwijaya merosot dalam beberapa kurun waktu abad ke 12 Masehi, ini menjadikan para Mubaligh agama islam tentunya semakin kuat menggenjot kekuasaan mereka yang menginginkan lepasnya pantai dari kerajaan Sriwijaya. 


Mendekati abad ke 13 Masehi sekitartahun 1285 sebuah kerajaan yang bernama Samudera Pasai mulai tumbuh di area pantai. Dan Malaka yang merupakan pusat perdagangan, dijadikan Kerajaan Malaka pada saat itu pula.


Ada lagi satu kerajaan yang mengalami kemerosotan, abad 15 Masehi tepatnya, banyak sekali yang ingin melepaskan diri dari kekuasaan kerajaan itu. Pada tahun 1500 Kerajaan Demak menjadi kerajaan pertama yang berada di area Jawa. Melalui beberapa kerajaan Islam yang tumbuh inilah penyebaran agama islam di Indonesia makin kuat adanya. Tidak hanya di pantai,melainkan di tempat pedalaman agama islam berhasil masuk dan menjadi anutan para warganya.



http://www.learnsejarah.com/2017/02/sejarah-masuknya-agama-islam-di.html


SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

Berkembangnya agama islam dan berlangsung secara step by step dilakukan secara damai sebagai berikut :

  1. Saluran perdagangan, proses penyebaran agama Islam dilakukan oleh pedagang muslim yang menetap di daerah pelabuhan guna membentuk perkampungan muslim, misalnya Pekojan. Merupakan saluran yang dipilih di awal.
  2. Saluran perkawinan, proses penyebaran agama Islam dilakukan dengan cara seseorang yang telah menganut Islam menikah dengan orang yang belum menganut agama Islam sehingga pasangaannya itu ikut menganut agama Islam.
  3. Saluran dakwah, proses penyebaran Islam yang dilakukan dengan cara memberi penerangan tentang agama Islam seperti yang dilakukan oleh para ulama terutama peran wali songo.
  4. Saluran pendidikan, proses ini mendirikan pesantren untuk memperdalam ajaran-ajaran agama Islam dan kemudian menyebarkannya di Indonesia.
  5. Saluran seni budaya, proses penyebaran Islam menggunakan media-media seni budaya seperti pergelaran wayang kulit yang dilakukan
  6. Proses tasawuf, penyebaran Islam dilakukan dengan cara menyesuaikan pola pikir masyarakat indonesia yang masih berorientasi pada ajaran-ajaran agama Hindu-Buddha di Indonesia.

ALASAN AGAMA ISLAM MUDAH DITERIMA MASYARAKAT INDONESIA

Penyebaran agama islam di Indonesia,berlangsung secara cepat karena di dukung beberapa faktor berikut :
  1. Syarat masuk mudah, hanya dengan mengucapkan kalimat syahadat ia akan masuk islam.
  2. Pelaksanaan ibadah sederhana dan biaya yang murah.
  3. Agama islam tidak membeda-bedakan kalangan (Tidak terdapat pembagian kasta).
  4. Aturan agama islam bersifat fleksibel dan tidak memaksa.
  5. Agama dari Gujarat mendapat pengaruh ajaran tasawuf.
  6. Penyebaran agama damai dan di sesuaikan oleh lingkungan budaya yang ada.
  7. Runtuhnya Majapahit sebagai tembok besar kekuasaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Sekian artikel yang kami sampaikan mengenai sejarah masuknya islam ke indonesia. Dan juga beserta penyebaran agama islam di Indonesia. Dengan ini semoga pembaca dapat memahaminya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel yang kamu cari :

  • sejarah masuknya agama islam di indonesia dan perkembangannya
  • sejarah singkat masuknya agama islam di indonesia
  • bukti sejarah masuknya agama islam di indonesia
  • sejarah perkembangan masuknya agama islam di indonesia
  • sejarah awal masuknya agama islam di indonesia
  • sejarah masuknya ajaran agama islam di indonesia
  • artikel sejarah masuknya agama islam di indonesia
  • sejarah proses masuknya agama islam di indonesia
  • sejarah pertama kali masuknya agama islam di indonesia
  • sejarah tentang masuknya agama islam ke indonesia
Post a Comment