Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia -   Kerajaan hindu budha di Indonesia Agama Hindu Budha masuk ke dalam Indoensia dan menjadi agama utama masyarakat Indonesia sekitar abad ke empat. Kedua agama tersebut memberikan pengaruh besar pada kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah terciptanya kerajaan-kerajaan Hindhu Budha  yang ada di Indonesia. Adapun kerajaan Hindu Budha tersebut adalah sebagai berikut:

kerajaan hindu budha di indonesia
Agama Hindu-Budha di Indonesia

KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA



Pertama adalah kerajaan Kutai. Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu yang berdiri pada abad ke empat Masehi di daerah Muara Kaman, Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai ini dibangun oleh Kudungga. Diperkirakan kerajaan ini adalah kerajaan Hindu tertua yang ada di Indonesia.

Kerajaan Hindu Budha kedua adalah kerajaan tarumanegara yang waktu pembuatannya hampir bersamaan dengan kerajaan Kutai. Kerajaan ini didirikan oleh Rajadirajaguru Kayasingawarman sekitar tahun 358.  Setelah ia wafat raja digantikan oleh putranya yang bernama Dharmayarwarman pada tahun 382-395. Prasati dari kerajaan ini adalah prasasti kebun kopi, tugu, munjul, Ciarutem dan lain-lain.

Kerajaan Hindu Budha ketiga adalah kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan Budha yang dipimpin oleh seorang raja bernama Sri jaya Naga. Letak kerajaan ini berada di Selat Malaka yang dahulunya menjadi jalur perdagangan internasional. Prasati dari kerajaan ini adalah prasati Kedudukan Bukit, talang Tuwo, Kota kapur, Telaga Batu, Karang Birahi dan Prasati Ligor.

Keempat adalah kerajaan Mataram. Kerajaan ini diketahui dari prasati Canggal yang terdapat tulisan menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta berupa angka 732 Masehi. Prasati tersebut dibuat oleh Raja Balitung pada tahun 907. Di dalamnya terdapat beberapa daftar raja-raja dan keturunannya seperti Rakai Mataram sang Ratu Sanjaya, Sri maharaja Rakai penangkaran, Sri maharaja dan lain-lain.

Kerajaan Hindu Budha kelima adalah kerajaan Kediri yang dipimpin oleh Raja Airlangga. Kemudian diteruskan oleh anak laki-lakinya yang bernama Jayengraya dan jayawarsa. Kemudian kerajaan dibagi menjadi dua untuk menghindari perselisihan.

Kerajaan keenam adalah kerajaan Singasari yang didirikan oleh Ken Arok. Dalam kitab Pararaton Ken Arok digambarkan sebagai perampok yang sakti. Akibat pekerjaannya itu dia menjadi buronan tentara Tumapel. Dia mendapatkan bantuan dari Brahmana untuk mengabdi kepada Akuwu di Tumapel bernama Tunggul Ametung. Kemudian Ken Arok berhasil membunuh Tunggul Ametong dan mengambil alih kepemimpinannya.

BACA JUGA : SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA



Kerajaan Hindu Budha di Indonesia


Kerajaan Hindu Budha di Indonesia kerajaan ketujuh adalah kerajaan Majapahit. Setelah raja Kartanegara terbunuh, menantunya Raden Wijaya berhasil melarikan diri ke daerah Madura dengan meminta bantuan kepada Arya Wiraraja. Kemudian ia disarankan untuk menyerahkan diri kepada Jayakatwang dengan jaminan Arya Wiraja. Setelah diterima Raden Wijaya diberikan kesempatan untuk membuka hutan Tarik yang berada di daerah Brantas. Dengan bantuan penduduk setempat ia bisa mendirikan kerajaan Majapahit.

Itulah beberapa kerajaan Hindu Budha yang ada di Indonesia. Semua kerajaan Hindu Budha tersebut menjadi cikal bakal agama, budaya dan sosial masyarakat Indonesia sampai saat ini. Kerajaan-kerajaan tersebut tesebar di seluruh wilayah Indonesia.

Mungkin juga kamu mencari artikel ini : ciri kerajaan hindu budha, contoh kerajaan hindu budha, kerajaan di masa hindu budha, kerajaan hindu budha di indonesia dan peninggalannya, kerajaan hindu budha islam dan peninggalannya, kerajaan hindu budha ke indonesia, kerajaan hindu budha pertama di indonesia, kerajaan hindu budha tertua di indonesia, kerajaan hindu budha yang ada di indonesia, kerajaan yang bercorak hindu budha adalah