LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Berbagai Peristiwa Penting Pasca Kemerdekaan RI

Berbagai Peristiwa Penting Pasca Kemerdekaan RI


Berbagai Peristiwa Penting Pasca Kemerdekaan RI -  Usai Kemerdekaan RI, ternyata Bangsa Indonesia masih belum lepas dari yang namanya ancaman-ancaman baik dari bangsa sendiri maupun dari bangsa lain. NICA (Netherlands Indies Civil Administration), misalnya, berhasil membonceng pasukan sekutu untuk kembali menguasai Indonesia. Di bawah pimpinan Van Mook dan Van der Plass, berhasil masuk ke wilayah Indonesia. Situasi semakin rumit pasca NICA mensuplai KNIL dengan senjata dengan tujuan utama untuk kembali menjajah bangsa Indonesia. Perlawanan terhadap NICA terjadi di mana-mana, termasuk beberapa perlawanan berikut ini:

Pertempuran 10 November di Surabaya


Bung Tomo Pada Saat Pertempuran 10 November

Pertempuran 10 November di Surabaya dimulai ketika pasukan sekutu mendatangi Daerah Jawa Timur,  tepatnya di Surabaya. Saat itu, pasukan sekutu dipimpin oleh A.W.S Mallaby (25 Oktober 1945). Mulanya Pemerintah Jawa Timur menolak kedatangan rombongan sekutu, namun kemudian dibuat kesepakatan antara Mallaby dan Gubernur Jawa Timur yang saat itu dijabat oleh R.M.T.A Suryo. Keduanya sepakat bahwa:

·      Inggris berjanji tidak akan membawa serta pasukan belanda
·      Menjalin kerjasama untuk menciptakan ketentraman dan keamanan
·      Dibentuk kontrak biro
·       Inggris berjanji akan melucuti senjata para tentara Jepang


Meski telah disepakati, ternyata pihak sekutu mengingkari janji. Hal ini dibuktikan dengan adanya serangan penjara Kalisolok pada tanggal 26 Oktober 1945. Dari serangan tersebut, Inggris berhasil menduduki pangkalan udara yang berlokasi di Tanjung Perak pada tanggal 27 Oktober 1945. Selain itu, Inggris menyebarkan pamflet yang berisi agar rakyat Jawa Timur dan Surabaya untuk menyerahkan senjata mereka. Karena itulah, pada tanggal 27 Oktober 1945, terjadilah kontak senjata. Pertempuran mencapai puncak pada tanggal 10 November 1945 dengan penyebab utama tewasnya A.W.S Mallaby akibat terkena tusukan bamboo runcing. Pertempuran ini menewaskan banyak rakyat Surabaya. Meski begitu, berkat orasi yang disampaikan oleh Bung Tomo melalui siaran radio, banyak rakyat Surabaya yang terbakar semangatnya untuk melawan balik tentara sekutu.

BACA JUGA : SEJARAH PERANG DIPONEGORO (1825-1830) 



Pertempuran Ambarawa 20 November – 15 Desember 1945

Pertempuran ini melibatkan pihak sekutu dan TKR. Pertempuran ini bermula dari kedatangan sekutu di Semarang tanggal 20 Oktober 1945. Karena diboncengi NICA, tentara sekutu yang semula hanya bertujuan untuk menjemput tahanan perang, kemudian berubah dengan tujuan lain. Pada tanggal 12 Desember 1945, tentara Indonesia melancarkan serangan secara serentak selama 4 hari. Berkat semangat juang yang tinggi, tentara kita berhasil mengalahkan tentara sekutu.

Bandung Lautan Api  23 Maret 1946

Bandung Lautan Api merupakan gambaran kondisi kota Bandung yang pora-porandakan pasca pertempuran yang terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Mulanya tentara sekutu meminta tentara Indonesia untuk menyerahkan senjata. Pihak tentara Indonesia menuruti kemauan pihak sekutu, hanya saja sebelumnya Kota Bandung dibumi-hanguskan.

Peristiwa Orde Lama

Terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada masa pemerintahan Orde Lama yang ketika itu diperintah oleh Presiden Soekarno. Konflik justru melibatkan pihak-pihak intern yang tak lain adalah anak bangsa sendiri. Dampak dari konflik intern ini juga tak kalah hebat dan menyebabkan kesengsaraan yang dialami oleh rakyat Indonesia.

Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948

Peritiwa ini tak bisa lepas dari peristiwa pembentukan FDR (Front Demokrasi Rakyat) yang dikukuhkan pada tanggal 28 Juni 1948. FDR sendiri merupakan kumpulan partai seperti Pesindo, Sosialis, PKI, Partai Buruh, dan Sobsi. Ketika itu, Muso dan Amir Syarifuddin yang menebar teror dan mengadu domba bangsa Indonesia. Kemudian pada tanggal 18 September 1948 di Madiun, Muso mendeklarasikan Republik Soviet Indonesia. Tak lama setelah diproklamirkan Republik Soviet Indonesia, pemerintah Indonesia mengambil tindakan tegas dengan memberantas Muso dan antek-anteknya. Ternyata, pemberontakan PKI Madiun ini menyulut pemberontakan-pemberontakan lainnya seperti RMS (Republik Maluku Selatan) di Maluku.

Gerakan G30S PKI

Gerakan G.30S/PKI ini mungkin termasuk sejarah paling kelam yang pernah dialami oleh bangsa kita. Peristiwa ini diawali dengan diculiknya para petinggi TNI untuk dibawa dan ditahan di kawasan Lubang Buaya, Selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma. Peristiwa pemberontakan ini diduga terjadi akibat situasi politik yang tidak stabil. Banyak protes yang dilancarkan oleh berbagai pihak termasuk dari kalangan mahasiswa yang kemudian melahirkan keputusan bersama yang disebut TRI TURA (Tiga Tuntutan Rakyat) yang berisi:

·       Bubarkan PKI dan antek-anteknya
·       Bersihkan Kabinet Dwikora dari PKI
·       Turunkan harga dan perbaiki perekonomian

Nah, sekian adalah pembahasan tentang berbagai peristiwa pasca kemerdakaan.  Perjuangan tentang kemerdekaan indonesia yang ditempuh oleh perjuangan atas para pahlawan memang patut diacungi jempol. Sekian dari artikel kami, semoga ilmu ini dapat bermanfaat terimakasih.

Mungkin yang kamu cari di artikel ini : 
pertempuran ambarawa
pertempuran bandung lautan api
pertempuran bandung lautan api secara singkat
pertempuran g 30 s pki
pertempuran margarana
pertempuran medan area
pertempuran surabaya
sejarah pertempuran di surabaya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berbagai Peristiwa Penting Pasca Kemerdekaan RI

0 komentar: