LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2

Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2


Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2 -  Bagaimana dengan peristiwa terjadinya perang dunia 2? Pasti terngiang-ngiang bukan di benak kalian tentang perisitiwa yang melibatkan blok sekutu dan blok barat. Dahsatnya perang dunia 2 yang menyebabkan beberapa kekalahan harus di telan mentah-mentah oleh punggawa negara negara yang ikut dalam perang. Dalam beberapa sumber memang disebutkan tentang perang dunia yang mana ada dua penyebab di dalamnya. Yaitu sebab-sebab umum terjadinya perang dunia 2 dan sebab khusus perang dunia 2.

Sebab-sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2

BACA JUGA : ISI PERJANJIAN VERSAILLES

Dengan demikian beberapa sebab-sebab umum perang dunia 2 ialah sebagai berikut yang dapat di rangkum menjadi seperti ini. Namun harus diingat dalam perang dunia 2, sebab-sebab umum memang dapat dilogika, cekidot langsung kita simak di bawah ini :

Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2 :

1. Pertama, yakni dengan kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia yang diharapkan oleh negara-negara. Disini fungsi LBB bukan lagi sebagai alat untuk mencapai tujuan, namun digunakan sebagai alat politik agar negara-negara besar yang berjaya dapat mendapatkan keuntungan disini. LBB tidak dapat berkutik dengan apa yang dilakukan oleh negara-negara, contoh saja pada tahun 1935 Italia menyerang terhadap negara Ethiopia.

2. Kedua, dengan persaingan ketat negara majun yang sama-sama ingin memperkuat militer dan senjatanya. Dengan kegagalan LBB tersebut yang diyakini negara lain terutama dunia barat (Jerman dan Italia) mencurigai ada campur tangan komunisme Rusia, tidak mau kalah Rusia mencurigai adanya fasisme antara negara Jerman dengan Italia. Oleh karena saling mencurigai maka saling memperkuat militer dan persenjataannya.

3. Ketiga, yaitu adanya politik aliansi (mencari kawan sekutu) :
    a. Blok Fasisme : Terdiri dari negara Jerman, Italia, dan Jepang.
    b. Blok Sekutu : Terbagi jadi dua Demokrasi (Perancis,Inggris,USA,Belanda) dan Komunis                     (Rusia,Polandia,Hungaria,Bulgaria,Yugoslavia,Rumania,dan Cekoslovakia).

4. Adanya pertentangan akibat Ekspansi.

5. Adanya pertentangan antara paham Fasisme, Demokrasi dan Komunisme.

6. Adanya politik balas dendam "Revanche Idea" Jerman terhadap Perancis, karena Jerman meras dihina dengan perjanjian Versailles.


BACA JUGA : SEJARAH PERANG DUNIA KE 2


Nah, keenam hal yang disebutkan diatas adalah beberapa Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2  . Sebab Umum terjadinya perang dunia 2 memanglah ada 6 menurut teori yang biasa di sampaikan dan dipelajari. Sekian yang dapat di sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.


Yang kamu cari mungkin terkait dengan ini :

  • sebab umum perang dunia 2 secara singkat
  • sebab umum perang dunia 2 adalah
  • sebab umum perang dunia ii adalah
  • sebab terjadinya perang dunia ii adalah
  • sebab umum terjadinya perang dunia ii adalah
  • penyebab terjadinya perang dunia ii adalah
  • 5 sebab umum perang dunia 2
  • jelaskan sebab umum perang dunia 2
  • apa sebab umum perang dunia ke 2
  • sebab umum munculnya perang dunia 2
  • sebab umum terjadinya perang dunia ke 2
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2