Perkembangan Budaya Bacson-Hoabinh, Dong Son, Sa Huynh, India Logam Di Indonesia

Perkembangan Budaya Bacson-Hoabinh, Dong Son, Sa Huynh, India Logam Di Indonesia


Perkembangan Budaya Bacson-Hoabinh, Dong Son, Sa Huynh, India Logam Di Indonesia  -Perkembangan budaya di Indonesia ada beraneka ragam diantaranya perkembangan budaya Bascon Hoabinh, perkembangan Dong Son, perkembangan Sa huynh dan Perkembangan budaya India dan budaya logam yang ada di Indonesia. Berikut adalah penjelasan mengenai perkembangan Perkembangan budaya Indonesia tersebut:

                  Pertama adalah Perkembangan budaya Indonesia Bacson-Hoabinh. Istilah Bascon Hoabinh ini digunakan sejak tahun 1929 untuk menunjukkan sebuah tempat pembuatan peralatan batu yang dipangkas pada satu atau dua bagian permukaannya. Penemuan benda-benda dari budaya Bascon Hoabinh ini tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Bukan hanya alat-alat bantu yang ditemukan melainkan juga batu giling, alat-alat tulang dan sisa-sisa tulang belulang manusia.

BACA JUGA : MANUSIA PURBA DI INDONESIA

                  Kedua adalah Perkembangan budaya Indonesia Dong Son. Di Indonesia banyak ditemukan benda-benda dari peninggalan budaya Dong Son seperti sabit bercorong, ujung tombak bertangkai, kapak corong dan lain-lain. Budaya ini mempengaruhi perkembangan perunggu di Indonesia. terdapat sekitar 56 nekara yang merupakan alat-alat dari perunggu yang ditemukan di Indonesia yang tersebar di wilayah Jawa, Sumatera dan Maluku Selatan. Semua peralatan itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama kebutuhan untuk mencari makanan.
                  Ketiga adalah Perkembangan budaya Indonesia Sa Huynh. Salah satu kelompok yang mendukung budaya ini adalah kelompok dari Indonesia karena dahulunya wilayah Vietnam bagian selatan di tempati oleh bangsa yang berbahasa Austronesia (Cham) yang merupakan bahasa yang digunakan oleh sebagian bangsa Indonesia.

            Keempat adalah Perkembangan budaya Indonesia dari India. Perkembangan budaya ini diketahui  melalui hasil karya sastra berupa sansekerta dan tamil. Pada tahun 70 M cengkeh yang berasal dari Maluku sampai ke Roma karena aktivitas perdagangan dan pelayaran. Kegiatan perdagangan memberikan banyak pengaruh pada  Negara Indonesia dan India. Salah satu contohnya adalah masuknya agama Hindu dan Budha di Indonesia yang saat itu menjadi agama utama bagi penduduk di kepulauan Indonesia.

            Pengaruh agama tersebut membuat para pemimpin sebuah wilayah di Indonesia mendirikan kerajaan-kerajaan di Indonesia seperti kerajaan Kutai, Mataram, Tarumanegara dan lain-lain. Semua itu adalah kerajaan-kerajaan Hindu Budha yang menjadi salah satu bukti pengaruh budaya India terhadap kehidupan di Indonesia.

            Kelima adalah perkembangan budaya logam di Indonesia. Setelah terjadi perkembangan teknologi, munculah pusat pembuatan benda dari logam. Tempat tempat tersebut terbagi ke berbagai wilayah di Indonesia seperti di Sumatera, di Jawa, Bali, Sumba, kepulauan talauda dan Maluku Utara dan di Sulawesi.

BACA JUGA : PERKEMBANGAN SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA

Itulah kelima Perkembangan budaya Indonesia. Perkembangan budaya terbesar terjadi akibat hubungan antar Negara yang dilakukan melalui perdagangan dan pelayaran.  Semua budaya tersebut menjadi cikal bakal budaya di Indonesia. Banyaknya budaya yang terjadi karena pengaruh Negara lain membuat budaya di Indonesia sangatlah luas cakupannya. Bahkan anda sebagai warga negara Indonesiapun belum tentu memahami semuanya.   

Mungkin kamu juga mencari : jelaskan perkembangan budaya bacson hoabinh di luar indonesia, makalah perkembangan budaya bacson hoabinh dongson dan india, makalah perkembangan budaya bacson-hoabinh, perkembangan budaya bacson hoa-bihn dongson dan india, perkembangan budaya bacson hoabinh dongson dan india, perkembangan kebudayaan bacson-hoabinh dongson dan sahuynh
Post a Comment