Perkembangan Sosial, Ekonomi, Dan Budaya Manusia Purba Di Indonesia Pada Masa Food Gathering Dan Food Producing

Perkembangan Sosial, Ekonomi, Dan Budaya Manusia Purba Di Indonesia Pada Masa Food Gathering Dan Food Producing


Perkembangan Sosial, Ekonomi, Dan Budaya Manusia Purba Di Indonesia Pada Masa Food Gathering Dan Food Producing - Perkembangan sosial, Ekonomi, dan Budaya Manusia Purba di Indonesia terjadi pada dua periode, yang pertama terjadi pada masa berburu dan meramu yaitu masa food gathering atau mengumpulkan makanan dan masa food producing yaitu masa melakukan cocok tanam dan beternak. Berikut adalah penjelasannya:

BACA JUGA : JENIS MANUSIA PURBA DAN CIRI CIRINYA

       1.   Masa berburu dan meramu atau masa mengumpulkan makanan



Masa Mengumpulkan Makanan

a.      Kehidupan Sosial, pada saat ini kehidupan mereka sangat bergantung pada alam. Mereka masih hidup mengembara, mencari makanan berupa binatang buruan, umbi-umbian dan tumbuhan. Mereka hidup dalam kelompok, memiliki hubungan yang erat dengan sesama kelompok, populasi pertumbuhan penduduk kecil.

b.      Kehidupan Ekonomi, perkembangan ekonomi pada masa ini belum ada tanda-tanda kehidupan ekonomi dan untuk memenuhi kebutuhan mereka bekerjasama dalam kelompok.
c.       Kehidupan Budaya, peralatan yang digunakan berupa rakit dan perahu, mereka belum mampu membuat gerabah sehingga mereka tidak tahu cara memasak makanan melainkan hanya dengan membakar, mereka mengenal perhiasan dengan merakit kulit kerang menjadi kalung, mereka bisa membuat alat dari batu, kayu dan tulang untuk memenuhi kebutuhan dan mereka tinggal di goa-goa.
d.      Perkembangan kepercayaan mereka adalah kepercayaan tingkat awal berupa keyakinan bahwa ada hubungan antara orang yang sudah meninggal dengan orang yang masih hidup dan percaya dengan sistem penguburan sebagai lambang penghormatan.
e.      Teknologi pada masa ini sangatlah rendah, karena hampir semua alat yang digunakan adalah alat-alat sederhana untuk membantu pekerjaan mereka.

      2.   Masa bercocok tanam dan beternak atau Food producing



Masa Bercocok Tanam

a.  Perkembangan sosial, mereka mulai bercocok tanam atau berhuma. Jumlah anggota kelompok semakin besar dan bertambah, populasi penduduk terus meningkat, muncul kehidupan perkampungan, diangkatnya seorang pemimpin yang berwibawa dan kuat dan mereka hidup bergotong royong.
b.    Kehidupan ekonomi pada masa ini sudah mengenal sistem barter atau pertukaran barang dan mereka sudah membuat tempat pertukaran berupa pasar.
c.    Kehidupan Budaya, perkembangan budaya masa ini mereka meningkatkan budaya bercocok tanam.
d.    Kepercayaan pada masa ini mulai berkembang yaitu mereka percaya konsep yang terjadi pada orang yang meninggal, percaya terhadap penghormatan dan pemujaan pada roh nenek moyang, melakukan upacara adat, terdapat kepala suku, pembuatan bangunan kubur batu, keranda, dolmen sebagai wujud kepercayaan mereka.
e.    Perkembangan teknologi teknologi mereka merubah dari berburu makanan menjadi menghasilkan makanan.

BACA JUGA : KRONOLOGI PERKEMBANGAN BIOLOGIS MANUSIA

Itulah perkembangan sosial, ekonomi dan budaya manusia purba yang terjadi pada masa food gathering dan masa food producing. Pada masa food producing sudah terjadi perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Mungkin kamu juga mencari : perkembangan sosial ekonomi budaya dan kepercayaan manusia purba di indonesia, perkembangan sosial ekonomi budaya manusia purba di indonesia, perkembangan sosial ekonomi dan budaya manusia praaksara di indonesia setelah masa meramu adalah